You are currently viewing Sensus Penduduk 2020 Berlangsung Online

Sensus Penduduk 2020 Berlangsung Online

Ibukota baru

Urusan penduduk di Indonesia terkait dengan pemerataan. Karena itu dari 267 juta penduduk Indonesia, Jokowi menjelaskan, 56% ada di Jawa.

“56 persen data yang saya miliki. Artinya kurang lebih berapa, 149 juta ada di Jawa, sehingga daya dukung Jawa ini sebetulnya sudah enggak mampu,” ungkapnya.

Karena magnetnya itu ada di Jakarta, Jokowi mengatakan, perlu digeser magnet tersebut ke ibukota yang baru, agar ada pemerataan penduduk dan ekonomi. Karena PDB (Produk Domestik Bruto) ekonomi juga sama, PDB ekonomi itu di Jawa 58% ada di Jawa, 58% ada di Jawa.

”Pulau Jawa ini kan salah satu dari 17.000 pulau yang kita miliki, masak semuanya pengen di sini semua. Tapi saya juga enggak tahu apakah nanti pindah pada mau. Kalau saya sih saya paksa,” bebernya.

Jokowi menyampaikan nanti tidak ada ibukota di seluruh dunia seperti ini karena diferensiasinya ada di situ.

“Semuanya energi baru terbarukan. Transportasi massal semuanya electric, electric vehicle, autonomous vehicle. Kendaraan pribadi juga autonomous, juga electric,” tuturnya, seraya menambahkan nanti akan ada banyak yang berjalan kaki dan bersepeda serta tidak ada banjir dan macet.

Hal paling penting lainnya, Jokowi melanjutkan, yang ingin dibangun adalah sebuah peradaban baru yang dilihat dari penggunaan transportasi massal sebanyak-banyaknya, tapi memakai elektrik dan autonomous, pun halnya kendaraan pribadi juga electric vehicle dan autonomous.

”Tetapi kita pindah ke sana itu bukan ingin pindah gedung, ingin pindah lokasi bukan itu. yang paling penting adalah bagaimana kita membangun sebuah sistem, pindah pola kerja, pindah sistem kerja, pindah kultur kerja karena ke depan persaingan akan semakin berat. Negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat,” tambahnya. | DORANG

Leave a Reply