Mandiri Gaghana, Kepala Dinperkimtan Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Mandiri Gaghana, Kepala Dinperkimtan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

111 Rumah Warga Akan Dibangun Diperkimtan

TAHUNA, publikreport.com – Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun Anggaran (TA) 2020 ini mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Rakyat (BSPS) sebesar Rp4.062.867.000 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Anggaran ini, menurut Sekretaris Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Dinperkimtan) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Noval Budiman, per unit naik dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya per unit Rp17,5 juta, tahun ini menjadi Rp35 juta per unit.

“Tahun 2019 lalu rehabilitasi atau peningkatan kualitas rumah swadaya. Tahun ini berubah pembangunan baru rumah swadaya dengan anggaran R35 juta per unit. Rinciannya Rp30 juta untuk material dan Rp5 juta untuk upah kerja,” ungkap Noval.

Program ini, menurut Noval akan dilaksankaan di enam kampung yang ada di empat kecamatan. Kampung-kampung tersebut, yakni:

  1. Kampung Moade, Kecamatan Tabukan Utara
  2. Kampung Matutuang, Kecamatan Marore
  3. Kampung Nusa, Kecamatan Nusa Tabukan
  4. Kampung Bukide, Kecamatan Nusa Tabukan
  5. Kampung Talawid, Kecamatan Kendahe
  6. Kampung Tariang Lama, Kecamatan Kendahe

Sementara di tahun 2019 lalu, hanya di lima kelurahan yang ada di Kecamatan Tahuna Barat.

“Kembalinya dikucurkan BSPS tak lepas peran Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe yang melaksanakan audensi bersama Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) tahun lalu di Jakarta,” kata Noval.

Terpisah, Kepala Dinperkimtan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Mandiri Gaghana berharap bantuan akan digunakan sebaik mungkin. Dinperkimtan akan membuat membuat denah konstruksi rumah untuk mempermudah masyarakat sekaligus sebagai panduan ketika warga hendak membangun rumah.

Tapi meski kami sudah membuat denah, masyarakat bisa menambah ruangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” jelasnya.  | VEBE

Leave a Reply