Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pilkada Tomohon, Siapa Bakal Dapat ‘Tiket’

POLITIK

Figur-figur telah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020, nanti. Sosok-sosok ini datang dari berbagai latar belakang, seperti pengusaha, politisi dan birokrat maupun pensiunan Polri.

Saat ini mereka berlomba-lomba mencitrakan diri ke masyarakat, apakah lewat media massa, baliho, spanduk, dialog langsung dengan masyarakat atau melakukan kegiatan-kegiatan yang katanya untuk rakyat.

Mereka yang kini rajin mensosialisasikan diri, misalnya Roland Roeroe, Syerly A Sompotan, Jilly G Eman, Miky JL Wenur, Wenny Lumentut, Caroll JA Senduk, Johny Runtuwene, Syerly Tamuntuan serta Robert Pelealu.

Robert Pelealu telah menyatakan diri akan maju dari jalur independen (perorangan) bersama pasangan bakal calon wakil walikota, Fransiskus A Sukirno. Sementara sosok-sosok yang lain, merupakan politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Siapa diantara para politisi itu yang akan mendapatkan ‘tiket’ dari partai politik (parpol) masing-masing?

Tahun Politik

Permainan politik praktis ditataaran untuk mendapakan ‘tiket’ sebagai pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon ini sulit dan jauh dari jangkauan masyarakat. Masyarakat hanya bisa mengira-ngira. Saat ini permainan berlangsung pada tingkatan elite masing-masing partai politik. Kadang kala yang ditetapkan sebagai calon oleh partai politik tidak sekehendak para pendukung bakal-bakal calon tertentu.

Partai Golkar saat ini merupakan partai politik ‘penguasa’ di Kota Tomohon. Dan tiga srikandi partai berlambang pohon beringin rindang itu ingin menjadi orang nomor satu di Kota Tomohon. Mereka masing-masing Syerly A Sompotan, Miky JL Wenur dan Jilly G Eman. Siapa yang bakal mendapatkan ‘tiket’?

Syerly A Sompotan kini menjabat Wakil Walikota Tomohon.

Miky JL Wenur, adalah politisi yang kini (masih) duduk sebagai anggota DPRD Kota Tomohon.

Jilly G Eman, adalah anak perempuan dari Walikota Tomohon saat ini, Jimmy F Eman.

Mereka Melayani Siapa?

Di PDIP, juga menyeruak nama-nama Roland Roeroe, Caroll JA Senduk, Johny Runtuwene bahkan disebut-sebut nama Syerly Tamuntuan. Siapa yang bakal dapat ‘tiket’?

Roland Roeroe, berprofesi sebagi dokter dan kabarnya juga seorang pengusaha dan dekat dengan PDIP.

Leave a Reply