Ronald Izaak, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Ronald Izaak, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kepala Dinas: Tabut Belum Saatnya MilikI TPA

TAHUNA, publikreport.com – Keinginan warga Kecamatan Tabukan Utara (Tabut), Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara agar wilayah mereka segera memiliki fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah belum akan terwujud. Pasalnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ronald Izaak belum akan merealisasikannya dengan pertimbangan dari berbagai aspek, seperti sulit mencari lahan yang tepat serta pembiayaan yang sangat besar.

“Memang kami sudah mendengar keinginan warga Tabut itu. Tapi itu belum bisa kami iyakan. Sebab untuk menyiapkan TPA butuh lahan yang luas serta lokasi yang strategis jauh dari pemukiman dan butuh anggaran puluhan miliar rupiah,” jelas Ronald.

Sebagai kompensasi belum dapat disiapkannya TPA, Ronald mengungkapkan, pihaknya akan mengoptimalkan fungsi truk sampah, terutama dalam mengantisipasi kebersihan di kompleks pertokoan dan pusat perbelanjaan Kampung Petta.

“Untuk mengoptimalkan penanganan sampah di wilayah Tabukan Utara, kami akan memaksimalkan fungsi truk sampah. Minimal tiga kali seminggu, terutama untuk menangani sampah di pusat perbelanjaan Kampung Petta. Jadi sampah-sampah dari Tabukan Utara tetap dibawa ke TPA Tahuna,” katanya.

Dalam mengatasi masalah sampah, Ronald mengaku telah berkoordinasi dengann beberapa kapitalaung (kepala kapung). Salah satu hal yang dibicarakan bagaimana menyiasati lewat anggaran dana desa.

Kapitalaung agar dapat membuat Tempat Pembuangan Sementara (TPS) lewat dana desa, selanjutnya truk sampah yang akan mengangkut sampah dari masing-masing TPS. Ini juga merupakan sinergitas desa, kecamatan dan instansi teknis,” ujarnya.  | VEBE

Leave a Reply