Boulevard Tahuna.
Boulevard Tahuna.

10 Tempat Wisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe

Pulau Sangihe adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, yakni Filipina. Banyak orang tidak tahu bahwa pulau ini mempunyai objek wisata yang tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Berikut informasi tempat wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pantai Pananuareng

Pantai Pananuareng, berada di Kampung Tariang Baru, Kecamatan Tabukan Tengah. Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, biasanya ramai pada hari sabtu dan minggu. Hamparan pasir putih yang indah dan hembusan angin sepoi-sepoi membuat anda rileks, ditambah lagi dengan hempasan ombak yang begitu mempesona. Jarak tempuh menuju objek wisata ini dari kota Tahuna kurang lebih 30 menit. Anda bisa menggunakan moda transportasi yang ada seperti ojek, rental mobil, atau angkutan pedesaan.

Gunung Api Bawah Laut Kawio

Gunung Kawio berada di laut Sangihe. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.200 meter, puncaknya berada sekitar 1.900 meter dibawah permukaan laut. Anda bisa melihat begitu banyak terumbu karang yang padat dan sehat dengan warnanya yang menarik. Terdapat juga hewan-hewan laut seperti ikan, udang, lobster, bintang laut, cumi dan lain sebagainya. Pada ketinggian 2.000 meter terdapat semacam cerobong-cerobong asap yang keluar dari dalam gunung.

Perairan Pulau Mahangetang, memiliki objek wisata yang indah dan unik, yaitu, Gunung Mahangetang. Puncak gunung ini terletak di sekitar 300 meter sebelah barat daya Pulau Mahangetang. Gunung bawah laut ini bisa dicapai sekitar 1 jam perjalanan laut dari kota Tahuna. Di kedalaman 6 meter, anda akan menemui terumbu karang yang mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Di kedalaman sekitar 10 sampai 20 meter anda dapat melihat terumbu karang berjajar rapat dan terlihat sehat, dengan berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya bermain di sela-sela karang.

Lokasi wisata ini berada di Kampung Pusunge Lenganeng, Kecamatan Tabukan Utara. Membutuhkan waktu 20 menit dari kota Tahuna untuk sampai di tempat ini. Yang disuguhkan ditempat ini adalah pemandangan kota Tahuna. Anda juga dapat melihat pulau Tinakareng, Gunung Awu, dan paling ditunggu-tunggu adalah keindahan sunsetnya yang tak terlupakan. Anda bisa memesan kopi dan pisang goreng dabu-dabu sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan dengan hawa sejuknya.

Leave a Reply