Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tanda Kelamin Pria Bermasalah

Acapkali terdapat beberapa kondisi dan gejala yang menjadi kekhawatiran kaum pria mengenai kesehatan penisnya. Walau tidak semuanya kondisi yang tidak wajar berujung pada kondisi yang berbahaya, tetap saja perubahan kondisi sedikit dari penis yang dinilai kewajaran perlu diwaspadai.

Apabila pria mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter Anda :

Patch

Pria akan melihat bintik kemerahan, kulit berbulu seperti beludru di penis, tepat di bawah kepala. Pria bisa saja berpikir itu lecet dan itu benar.

Ryan Terlecki, MD, seorang urolog di Wake Forest University Baptist Medical Center, menjelaskan jika patch tidak menyakitkan atau sensitif. Atau jika Anda belum pernah berhubungan seks baru-baru ini, yang biasanya akan menyebabkan semacam gesekan, patch merah bisa menjadi tanda kanker penis.

Jika kanker ditemukan cukup dini, pengobatan topikal atau operasi bisa mengatasinya. Tetapi jika Anda menunggu terlalu lama, sebagian atau seluruh Penis mungkin harus diangkat, kata Terlecki memperingatkan.

Mengkerut

Kulit kepala penis terasa sedikit mengkerut seperti kemeja yang menyusut ketika dicuci.

Anda juga dapat melihat beberapa tanda keputihan di daerah yang sama. Apakah Anda merasa sakit, Anda bisa berurusan dengan sesuatu yang disebut lichen sclerosus, kondisi kulit yang mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau sistem kekebalan tubuh, kata Dr Terlecki.

Menurutnya, pria yang tidak disunat harus mengkhawatirkannya atau merasa seperti harus mendorong saat buang air kecil. Jika tidak diobati, lichen sclerosus dapat menyebabkan kanker atau penyumbatan total di saluran kemih, yang akan membuat pria berakhir di UGD.

Leave a Reply