Satuan Brigade Mobile (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) menyiagakan Tim SAR (Search and Rescue) untuk mengantisipasi bencana alam yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.
Satuan Brigade Mobile (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) menyiagakan Tim SAR (Search and Rescue) untuk mengantisipasi bencana alam yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.

Antisipasi Bencana Tim SAR Disiagakan

MANADO, publikreport.com – Satuan Brigade Mobile (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) menyiagakan Tim SAR (Search and Rescue) untuk mengantisipasi bencana alam yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Kesiapan di antaranya dilakukan di Batalyon B Pelopor yang bermarkas di Inuai, Bolaang Mongondow (Bolmong), dan Kompi 4 Batalyon A Pelopor di Talaud, Senin 24 Februari 2020.

Kesiapsiagaan ini, menurut Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulut melalui Komandan Kompi (Danki) 3 Pelopor, Inspektur Satu (Iptu) A Jainurin, sesuai perintah Mabes (Markas Besar) Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia).

Satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) SAR disiagakan, termasuk peralatan penunjang kegiatan SAR,” jelasnya.

Hal ini dilakukan, Jainurin mengatakan, untuk mengantisipasi bencana alam yang tiba-tiba bisa melanda daerah yang jauh dari Mako (Markas Komando) Batalyon B. Mengingat Batalyon B Pelopor ini cakupan tugasnya meliputi 4 kabupaten dan 1 kota.

Kami dituntut siap siaga dan tanggap bencana,” tegasnya.

BACA JUGA: Siaga Bencana, Peralatan SAR Disiapkan Brimob Polda Sulut

BACA JUGA: Pesan Kapolda: Jangan Pernah Menyakit Masyarakat

Sementara Danki 4 Batalyon A Pelopor, Iptu Abdon Londohiang menambahkan, personil siap siaga secara bergantian beserta peralatan berupa 1 unit perahu karet bermotor. Mereka juga berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Koramil (Komando Rayon Militer) guna mengantisipasi terjadinya bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

Saat ini, Abdon melanjutkan, peralatan SAR di Kompi 4 Batalyon A masih sangat minim.

Kami tetap memaksimalkan sumber daya yang ada, tanpa mengurangi semangat kami dalam membantu masyarakat,” terangnya. | RIO YANTO

Leave a Reply