Melanthon Herry Wolf, Plh Sekdakab Kepulauan Sangihe.
Melanthon Herry Wolf, Plh Sekdakab Kepulauan Sangihe.

Tahuna Raya Masuk Konsep Renja FKPD 2021

TAHUNA, publikreport.com – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Sangihe, Melanthon Herry Wolf mengatakn, Forum Kerja Perangkat Daerah (FKPD) Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Tahun 2021, turut mengakomodir konsep pembangunan dan pengembangan kawasan Tahuna raya.

Masuknya konsep pengembangan kawasan Tahuna raya pada Renja FKPD ini, menurut Melanthon, merupakan cikal bakal perwujudan program jangka panjang menuju kawasan Tahuna City yang juga telah dipersiapkan sebagai pusat pemerintahan maupun perekonomian ketika rencana pembentukan Provinsi Nusa Utara terealisasi.

“Kita kan sudah ada dana kelurahan dan akan terus bertambah kedepan, sehingga pengembangan kawasan Tahuna raya mulai dilakukan menuju konsep Tahuna City. Penganggaran kawasan Tahuna raya tidak hanya dari dana kelurahan, tapi turut ditopang dana lainnya, baik anggaran pusat, provinsj maupun APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah),” jelas Melanthon saat ditemui disela-sela kegiatan, Kamis 05 Maret 2020.

BACA JUGA: Bupati Tegur Keras Perangkat Daerah Tak Masukan Renja

Pengembangan kawasan Tahuna raya, Melanthon menjelaskan, juga ditopang Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat konsep mempercepat penanganan permukiman kumuh yang terkonsentrasi di dua kecamatan dari tiga kecamatan di wilayah Tahuna, yakni Kecamatan Tahuna dan Tahuna Timur.

“Itulah sebabnya untuk kawasan Tahuna raya hanya khusus Kecamatan Tahuna dan Tahuna Timur, sebab di dua kecamatan ini ada program percepatan penanganan permukiman kumuh, sebagai penataan awal. Sedangkan kecamatan Tahuna Barat wilayahnya masih asri sebagai wilayah pengembangan pertanian,” terang mantan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe ini. | VEBE

Leave a Reply