Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto saat memberi sambutan pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2018 hasil rekrutmen tahun 2018, di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Jakarta, Kamis 05 Maret 2020.
Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto saat memberi sambutan pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2018 hasil rekrutmen tahun 2018, di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Jakarta, Kamis 05 Maret 2020.

Pemberi Pelayanan Publik, PNS Diminta …

JAKARTA, publikreport.com – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto, sebagai pemberi pelayanan publik, Pegawai Negeri Sipil (PNS) diminta untuk menghindari berbagai hal negatif, seperti narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang), berkaitan dengan korupsi, maupun perilaku radikalisme.

Menjadi pelayan publik yang baik, tentunya bahasa, komunikasi, interaksi yang digunakan merupakan bahasa melayani bukan bahasa penguasa, mengingat tugas utama PNS adalah melayani rakyat dan bukan pangreh praja,” pesan Agus pada pelantikan dan pengambilan sumpah PNS 2018 hasil rekrutmen tahun 2018, di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Jakarta, Kamis 05 Maret 2020.

BACA JUGA: Mereka Melayani Siapa?

PNS saat ini, Agus meminta dapat menghapus pandangan masyarakat bahwa PNS terkesan malas menjadi pekerja keras.

Ada ungkapan, bekerja keraslah maka orang lain akan menilai Anda. Jadi kalau Anda bekerja, setiap orang pasti akan menilai Anda. Kalau memang kerjanya bagus, rapor Anda di akhir tahun akan bagus, kalau kerja seenaknya, rapornya juga akan merah, dan itu akan menentukan karir Anda kedepan, yang menilai bukan hanya pimpinan tapi juga kolega setingkat Anda, dan masyarakat yang dilayani,” tegas Agus yang merupakan Guru Besar Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gajah Mada.

BACA JUGA: KASN Berharap Pemkot Tomohon Memperoleh Pejabat Berkualitas

Sebelumnya Agus mengatakan, melahirkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas sebagai pelayan masyarakat yang baik, ditentukan melalui proses rekrutmen yang baik pula. Proses seleksi menjadi abdi negara saat ini sudah transparan dan kompetitif, berbeda dengan proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dahulu yang terkesan masih tertutup.

Kedepan tantangan kita semakin berat, kompetisi global. Kita memerlukan ASN yang kuat dan dengan cara rekrutmen yang baik, saya yakin adik-adik semua bisa menjadi pelayan publik yang baik,” katanya.

BACA JUGA: Ketua KASN: Akan Jalankan Fungsi Pengawas Sistem Merit

Dengan seleksi yang ketat, transparan, dan akuntabel, Agus berharap, beberapa tahun yang akan datang para PNS yang baru saja dilantik ini dapat menunjukan kinerja yang baik. Sebagai seorang pelayan masyarakat, para PNS merupakan tulang punggung negara yang harus memberikan kontribusi nyata dengan menunjukkan kinerja yang baik.

BACA JUGA: Jerry Berharap Pemkot Kembalikan Cita-cita Pembentukan Kota Otonom Tomohon

Selain itu Agus pun berpesan sebagai perekat NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), para PNS juga diharuskan menjaga martabat selama 24 jam penuh, tidak hanya saat jam kerja saja. | DORANG

Leave a Reply