You are currently viewing Korupsi Dandes, Kumtua Ini Divonis 4 Tahun Penjara

Korupsi Dandes, Kumtua Ini Divonis 4 Tahun Penjara

HUKUM

MINUT, publikreport.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Minut menahan Hukum Tua (Kumtua) Desa Lihunu yakni Pentje Johan Datang karena telah melakukan tindakan korupsi terhadap Dana Desa (Dandes) tahun anggaran 2016 sampai 2018 sehingga merugikan negara sebesar Rp621.855.181.

Hal ini dikatakan Kasi Pidsus Kejari Minut, Hendra Sahputra SH MH, Kamis 12 Maret 2020.

“Yang bersangkutan dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum dalam dakwaan Primair,” ujarnya.

Dirinya menyatakan jika terdakwa akan dikenakan hukuman pidana penjara selama 4 tahun dan denda sebesar Rp200 juta. Jika denda tidak dibayarkan, harus diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan.

“Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,” jelasnya.

Terdakwa diminta membayar uang pengganti sebesar Rp621.855.181 dengan ketentuan apabila tidak membayar uang pengganti dalam waktu 1 bulan setelah putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya masing-masing akan disita oleh Jaksa Penuntut Umum dan dapat dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

“Jika tersangka tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut, maka dipidana dengan penjara selama 3 bulan,” tambahnya. | GLENLY B

Leave a Reply