You are currently viewing WHO Rilis 11 Hoaks Pencegah Covid-19

WHO Rilis 11 Hoaks Pencegah Covid-19

Informasi palsu (hoaks) dan disinformasi soal Covid-19 atau virus corona semakin menjamur di media sosial maupun layanan pesan instan, seperti WhatsApp (WA). Kejadian ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO-World Health Organisation) turun tangan menangkal hoaks.

WHO merilis daftar informasi keliru soal Covid-19 yang telah beredar luas. Ada sejumlah disinformasi atau informasi keliru soal virus corona salah satunya mandi dengan air panas dapat mencegah Covid-19.

Berikut penjelasan beberapa hoaks yang beredar terkait virus corona yang dirilis WHO, sebagaimana dikutib dari hubmaspemprovsulut.com:

1. Mandi Air Panas Tidak Dapat Mencegah Covid-19

Menurut penjelasan WHO, mandi dengan air panas malah dapat membahayakan tubuh karena kulit bisa terbakar bukan mencegah penyakit Covid-19.

Namun, cara terbaik untuk melindungi diri dari virus corona ialah dengan sering mencuci tangan di bawah air mengalir.

2. Virus Corona Tidak Ditularkan Lewat Gigitan Nyamuk

WHO menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada informasi atau bukti yang menunjukkan bahwa virus corona dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Sebab, virus corona baru ini menyebar melalui air liur orang yang terinfeksi saat batuk atau bersin. Oleh karena itu, WHO menyarankan agar menghindari kontak langsung dengan seseorang yang mengidap flu.

3. Virus Corona Tidak Bisa Mati Lewat Pengering Tangan

Beredar informasi bahwa mesin pengering tangan (hand dryers) dapat membunuh virus corona. WHO menegaskan informasi ini tidak benar.

WHO pun kembali meminta untuk sering mencuci tangan di bawah air mengalir atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

Leave a Reply