Ilustrasi disinfektan.
Ilustrasi disinfektan.

Cara Membuat Disinfektan Alami untuk Mencegah Virus

Penelitian tentang Coronavirus masih terus dikembangkan, namun Anda dapat mencegahnya dengan sama-sama menjaga kesehatan dan kebersihan, termasuk dengan praktik kebersihan di rumah tangga dan masyarakat. Anda dianjurkan untuk menggunakan disinfektan untuk membunuh virus. Ketahui apa itu disinfektan, cara membuat disinfektan, manfaat disinfektan, dll.

Apa Itu Disinfektan?

Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol untuk membunuh bakteri, virus, kuman, protozoa, dan mikroorganisme berbahaya lainnya pada permukaan benda mati atau ruangan.

Disinfektan umumnya digunakan untuk membersihkan high-touch surface atau benda-benda yang paling sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu, meja, tempat tidur, dan kamar mandi.

Disinfektan juga mengandung konsentrasi biosida tinggi agar lebih efektif dalam mencegah timbulnya bakteri dan mikroorganisme di benda mati apapun yang menjadi media paparan infeksi berbahaya bila disentuh atau dihirup manusia.

Manfaat Disinfektan untuk Mencegah Virus

Setiap sudut tempat yang Anda kunjungi atau benda-benda umum yang biasa Anda sentuh mengandung bakteri, virus, dan mikroorganisme.

Bahkan, berdasarkan penelitian terdapat 600.000 bakteri di setiap inci kulit dari sentuhan yang memicu paparan infeksi berbahaya. Walaupun sebagian besar bakteri atau virus mungkin tidak berbahaya, namun terdapat organisme penyebab penyakit yang disebut dengan patogen mematikan yang mungkin dipaparkan melalui benda mati.

Benda-benda mati tersebut dapat menjadi media virus atau bakteri tumbuh dan berkembang, sehingga sangat penting untuk membersihkannya dengan disinfektan yang tepat secara teratur pada permukaan benda pada fasilitas atau tempat yang sering disentuh.

Berdasarkan rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tempat-tempat yang harus dibersihkan dengan dosinfektan adalah fasilitas komunitas termasuk sekolah, kampus, tempat penitipan anak, pusat bisnis, dan semua tempat yang dikunjungi masyarakat umum di luar rumah.

Leave a Reply