Ilustrasi.
Ilustrasi.

Lawan Covid-19, Polda Sulut Bentuk Satgas Aman Nusa II

MANADO, publikreport.com – Sesuai instruksi Markas Besar (Mabes) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Aman Nusa II. Satgas ini guna menangani Viruscorona Disease 2019 (Covid-19). Jumat 20 Maret 2020, Satgas ini mengawali tugas dengan latihan pra operasi di aula Catur Prasetya Polda Sulut.

Satgas ini, menurut Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Inspektur Jenderal (Irjen) Royke Lumowa, nantinya akan membantu pemerintah dalam menangani persebaran Covid-19.

Polda Sulut dan seluruh jajaran nantinya akan berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan pemerintah daerah melaksanakan kegiatan operasi terpusat Aman Nusa II-2020,” kata Royke dihadapan ratusan anggota Satgas.

Satgas ini, Royke melanjutkan, akan melaksanakan beberapa tugas pokok, yaitu mengimbau masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian hingga kegiatan keagamaan. Satgas ini juga harus berpatroli di wilayah rawan penyebaran, selain itu Satgas juga diarahkan untuk melakukan pengawasan dengan alat pengukur suhu panas tubuh, sterilisasi, menyemprot disinfektan di lokasi keramaian, ekonomi, keagamaan serta pengaman di lokasi rawan.

BACA JUGA: Cegah Covid-19, Mendikbud: Bekerja dan Mengajar Dilakukan dari Rumah

BACA JUGA: Cegah Covid-19, Fasilitas Umum di Sulut Disemprot Disinfektan

Tak hanya itu Satgas juga akan menindak pelaku kejahatan seperti penjarahan, perampokan, pencurian dan lain-lain, tindak pelaku penimbun bahan makanan dan kesehatan.

Polri, tambah Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulut, Komisaris Besar (Kombes) Jules Abraham Abast, akan melakukan penindakan terhadap penyebaran hoaks terkait Covid-19.

BACA JUGA: Lantaran Covid-19, MTQ se-Sulut di Sangihe Ditunda

Satgas ini akan melaksanakan tugasnya selama 30 hari kedepan,” tambahnya. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply