Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pendidik Diminta Hadirkan Belajar yang Menyenangkan

PENDIDIKAN

JAKARTA, publikreport.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau para pendidik menghadirkan belajar yang menyenangkan dari rumah bagi siswa dan mahasiswa. Imbauan ini disampaikan bagi daerah yang telah menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah.

Senin 23 Maret 2020 kedepan beberapa daerah masih menerapkan kegiatan belajar mengajar di rumah. Untuk itu kami mengajak kepada para pendidik untuk menghadirkan belajar di rumah yang menyenangkan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana, di Jakarta, Minggu 22 Maret 2020.

Belajar di rumah, Erlangga menjelaskan, tidak berarti memberikan tugas yang banyak kepada siswa atau mahasiswa. Tetapi menghadirkan kegiatan belajar mengajar yang efektif sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Proses kegiatan belajar mengajar dapat merujuk pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan, dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), serta surat edaran dan petunjuk dari kepala daerah dan rektor masing-masing universitas.

BACA JUGA: Cegah Covid-19, Mendikbud: Bekerja dan Mengajar Dilakukan dari Rumah

Pola kegiatan belajar mengajar di rumah, menurut Erlangga, terdapat beberapa daerah, seperti Provinsi DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta telah mengeluarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Nomor 30/SE/2020, yang mengimbau guru dapat melaksanakan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah/tempat tinggal (work from home) dan tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh kepada peserta didik dengan memilih platform media pembelajaran yang telah tersedia. Begitu juga dengan tenaga kependidikan dapat melaksanakan tugas-tugas administrasi sekolah di rumah/tempat tinggal.

BACA JUGA: Covid-19 Bisa Serang Siap Saja Dalam Waktu Cepat

Untuk tingkat perguruan tinggi, Erlangga mengatakan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud telah melakukan sosialisasi pemanfaatan pembelajaran daring melalui konferensi video atau webinar dengan seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, pada Jumat 20 Maret 2020.

Pada konferensi video ini beberapa perguruan tinggi membagi kisah sukses pembelajaran secara daring,” ungkapnya.

BACA JUGA: Antisipasi Covid-19, SKPD Tak Ada Aktivitas, Sekolah Diliburkan

Beberapa perguruan tinggi, Erlangga mengatakan, membagikan kisah sukses pelaksanaan pembelajaran di rumah, seperti perkuliahan teori tatap muka di Universitas Negeri Padang (UNP) diganti dengan perkuliahan daring menggunakan aplikasi (Learning Management System), perkuliahan praktik diganti dengan penugasan atau proyek. Sedangkan pertemuan, seminar, konferensi yang melibatkan banyak dosen dan mahasiswa ditangguhkan sementara. Selain itu, kegiatan sivitas akademik ke luar daerah dan luar negeri juga ditangguhkan. Hal ini sesuai dengan edaran Rektor Nomor 1530/UN35/TU/2020.

Leave a Reply