Prof Dr Orbanus Naharia, Ketua Umum IKISST/Dosen Unima.
Prof Dr Orbanus Naharia, Ketua Umum IKISST/Dosen Unima.

Pungutan Biaya di Pelabuhan Manado Dipertanyakan

SANGIHE, publikreport.com – Ketua Umum Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (IKISST), Orbanus Naharia, mempertanyakan pungutan biaya boarding pass sebesar Rp2.000 per tiket di Pelabuhan Manado.

“Kami mempertanyakan pungutan tambahan boarding pass yang ditagih kepada penumpang di Pelabuhan Manado, apakah ada aturan yang mengaturnya seperti Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Gubernur (Pergub),” kata Orbanus yang menyandang gelar akademik profesor (Prof) dan doktor (Dr).

BACA JUGA: Cara Melapor Jika Ada Pungli di Instansi Pemerintah

Apabila pungutan tersebut tidak memiliki landasan hukum atau aturan, Orbanus meminta sebaiknya dihentikan, karena hanya menjadi beban bagi masyarakat pengguna jasa kapal laut khususnya dari Nusa Utara. Dan jika pungutan itu sudah punya landasan hukum, dirinya menyarankan sebaiknya disosialisasikan lebih dahulu kepada masyarakat, jangaan serta merta langsung diberlakukan.

“Bila biaya tambahan boarding pass itu tidak memiliki dasar aturannya. Kami minta itu dihentikan karena biaya apapun apabila tidak memiliki aturan maka itu pungutan liar (pungli). Namun jika sudah memiliki landasan hukum sosialisasikan dulu kepada masyarakat luas sebelum diberlakukan,” saran Orbanus yang merupakan dosen di Universitas Negeri Manado (Unima).

BACA JUGA: Kapolres: Peras Masyarakat, Saya Sikat!

Leave a Reply