Handry Pasandaran, Direktur RSUD Liunkendage.
Handry Pasandaran, Direktur RSUD Liunkendage.

Covid-19, RSUD Liunkendage Siapkan Ruangan Khusus

SANGIHE, publikreport.com – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liunkendage Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menyiapkan ruangan khusus bila kelak ada warga setempat yang terpapar Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Ruangan khusus isiolasi tersebut meski hanya berjumlah tujuh kamar, namun telah memenuhi standar internasional atau sesuai persyaratan lembaga kesehatan dunia, World Health Organization (WHO).

Ruangan khusus isolasi Corona sedang disiapkan di RSUD Liunkendage Tahuna. Saat ini tim sedang bekerja melakukan perbaikan,” kata Direktur RSUD Liunkendage Tahuna, dr (dokter) Handry Pasandaran.

Selain menyiapkan ruang khusus berstandar WHO, Handry menjelaskan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, di Rumah Sakit Liun Paduli di Kecamatan Tabukan Utara berfungsi sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 atau rumah sakit yang khusus melayani Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ringan.

Jadi khusus Rumah Sakit Liun Paduli, hanya untuk merawat yang ODP dan PDP ringan. Sedangkan yang PDP sedang dan berat dirawat di RSUD Liunkendage Tahuna,” jelas mantan Direktur RSUD Liun Paduli ini.

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, menurut Handry, telah disiapkan anggaran guna menopang kegiatan operasional di lapangan maupun kegiatan medis termasuk untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD).

BACA JUGA: Rp405,1 Triliun Anggaran Pemerintah Tangani Covid-19

Leave a Reply