Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Vonnie Anneke Panambunan memberikan bantuan bahan makanan kepada warga yang terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Vonnie Anneke Panambunan memberikan bantuan bahan makanan kepada warga yang terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Bantuan Terus Disalurkan Dinas Pangan Minut

MINUT, publikreport.com – Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Johana Manua mengungkapkan, selama dua pekan ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Bantuan tahap pertama bagi warga yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Minut, menurutnya telah disalurkan sejak 29 Maret-09 April 2020.

Mereka yang menerima bantuan yakni kategori kurang mampu dan penghasilannya terganggung karena pandemi Covid-19. Mereka akan menerima bantuan rutin dari pemerintah,” kata Johana yang didampingi Sekretaris Dinas Pangan Kabupaten Minut, Agustin Tiwow.

Bantuan yang diberikan untuk masyarakat Minut, Johana mengatakan, sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yakni bahan makanan.

“Bahan makanan yang kami berikan yakni beras, ikan kaleng dan gula. Sejak 29 Maret-09 April, adalah pemberian bantuan tahap pertama yakni kami telah menyalurkan beras sebanyak 50,07 ton, 20 ribu ikan kaleng dan 7.000 kg (kilogram) gula pasir. Bantuan diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 berdasarkan data yang diberikan masing-masing hukum tua (kumtua dan lurah,” jelasnya.

Untuk masyarakat di daerah kepulauan, Johana menjelaskan, menerima bantuan lebih banyak dari pada yang di darat. Alasannya, akses menuju kepulauan sulit.

Bantuan, Johana melanjutkan, disalurkan lewat pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan didampingi Dinas Pangan Minut.

“Untuk penyaluran tahap kedua, kami menunggu data dari kumtua dan lurah masing-masing, mana yang belum dapat dan berdasarkan skala prioritas sesuai dampak kepada masyarakat tersebut,” ungkapnya, sembari menambahkan bantuan ini akan terus berlanjut sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dampak Covid-19.

Terpisah, Bupati Kabupaten Minut, Vonnie Anneke Panambunan mengatakan, pihaknya memberikan dan menyalurkan bantuan berdasarkan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah, yang diperkuat lewat Surat Edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Nomor: 440/2622/SJ 29 Maret 2020 serta Surat Edaran Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Nomor: 900/20.2291/Sekr-BKAD, 31 Maret 2020.

“Dalam Permendagri dan Surat Edaran tersebut, kami sebagai pemerindah daerah diberikan kewenangan untuk menentukan siapa yang akan dibantu. Dalam aturan tidak menyebutkan harus semua masyarakat yang dibantu, tetapi yang ekonominya dibawah dan terkena dampak Covid-19. Waktunyapun tidak harus bersamaan tetapi secara bertahap,” jelas Vonnie yang bergelar akademik Sarjana Theologia (STh).

Leave a Reply