Personil Polres, anggota Kodim dan Sat Pol PP Kabupaten Minahasa, Kamis 23 April 2020, mengikuti pelatihan protokol pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Mapolres Tomohon.
Personil Polres, anggota Kodim dan Sat Pol PP Kabupaten Minahasa, Kamis 23 April 2020, mengikuti pelatihan protokol pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Mapolres Tomohon.

Pelatihan Protokol Pemakaman Jenazah Covid-19

MINAHASA, publikreport.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sam Ratulangi, Tondano, Kamis 23 April 2020, mengadakan pelatihan protokol pemakaman jenazah Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Minahasa. Pelatihan diikuti personil Polres, anggota Komando Distrik Militer (Kodim) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan dihadiri Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Minahasa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Denny Situmorang.

Kepada peserta pelatihan dr (dokter) Maxi Umboh menjelaskan tentang penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Hazmat Suit.

“Hazmat suit penggunaannya hanya satu kali. Jadi tidak diperlukan saat melakukan pemeriksaan di jalan/lapangan, karena sangat dibutuhkan tim medis di rumah sakit. Apalagi pengepakan jenazah dilaksankaan pihak rumah sakit,” jelasnya, seraya mengatakan yang sangat perlu diperhatikan dalam penggunaan APD, adalah saat melepaskannya, agar terhindar dari infeksi virus.

BACA JUGA: Lahan Pemakaman Khusus Disiapkan Pemprov Sulut

BACA JUGA: Jenazah PDP Dimakamkan di Rerer

Sementara dokter Novita Roring dari RSUD Sam Ratulangi, Tondano, menjelaskan, tentang proses pemakaman yang harus semaksimal mungkin.

“Waktu pemakaman jenazah pasien Covid-19 hanya empat jam. Saat jenazah keluar dari rumah sakit telah steril dan tidak akan menjangkit ke masyarakat. Kan telah meninggal dunia dan virusnya ikut mati juga,” paparnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Minahasa, Maya Rambita memberikan apresiasi kepada Polres Tomohon, karena telah membantu, sehingga pemakaman 7 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjalan lancar. | RIO YANTO

Leave a Reply