Elenita Kapal, Sekretaris Dinkominfo Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Elenita Kapal, Sekretaris Dinkominfo Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Perjalanan Dinas Dilarang, Vidcon Alternatif

SANGIHE, publikreport.com – Video conference (vidcon) menjadi alternatif jajaran pejabat lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyusul dilarangnya melakukan perjalanan dinas keluar daerah. Perjalanan dinas dilarang karena mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Sekarang sudah tidak bisa lagi pejabat melakukan perjalanan dinas luar daerah, seperti ke Jakarta, maka vidcon menjadi alternatif, sarana untuk berkoordinasi serta konsultasi antara pemerintah pusat maupun provinsi dengan pejabat daerah,” kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Elenita Kapal.

Dinkominfo, menurut Elenita, nyaris setiap hari memfasilitasi pelaksanaan vidcon baik berskala nasional maupun provinsi.

BACA JUGA: Dampak Covid-19, Pejabat Sangihe Dilarang Keluar Daerah

BACA JUGA: Dinkominfo Jamin Vidcon Pejabat Sangihe dan Pusat Lancar

BACA JUGA: Pemkab Sangihe Hemat Anggaran Miliaran Rupiah

“Saat ini vidcon sudah hampir tiga kali seminggu. Dalam setiap vidcon nyaris terlibat seluruh perangkat daerah, khususnya instansi yang akan berkoordinasi,” kata Elenita yang pernah menjabat Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah Kabuapten (Sekdakab) Kepulauan Sangihe.

Diawal pelaksanaan vidcon, Elenita menjelaskan, hampir setiap hari Dinkominfo memfasilitasi untuk penanganan pencegahan Covid-19. Vidcon antara bupati, wakil bupati dan sekretaris daerah dengan para kepala perangkat daerah.

“Belakangan ini vidcon tak hanya terfokus pada koordinasi penanganan Covid-19, tapi melebar, terutama untuk koordinasi maupun konsultasi seputar kebijakan maupun realisasi program kerja di masing-masing instansi,” tambahnya. | VEBE

Leave a Reply