Ilustrasi.
Ilustrasi.

Menkes Setujui PSBB Kabupaten Buol, Sulteng

JAKARTA, publikreport.com – Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto menyetujui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk percepatan penanganan Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) di daerah itu.

“Usulan Pemerintah Kabupaten Buol untuk PSBB sudah kami setujui hari ini, tinggal dilaksanakan oleh pemerintah daerahnya,” kata Terawan dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Minggu 10 Mei 2020, dini hari.

Keputusan tersebut telah ditetapkan Terawan, pada 09 Mei 2020 melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/300/2020.

Menkes menjelaskan kasus Covid-19 di Kabupaten Buol telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus yang signifikan. PSBB di Kabupaten Buol ditetapkan setelah dilakukan proses kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya oleh tim teknis.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Buol wajib melaksanakan PSBB dan secara konsisten mendorong serta menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. PSBB tersebut dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran.

BACA JUGA: Sulut Miliki 2 Laboratorium PCR

BACA JUGA: Sulut Tidak Mengusulkan PSBB

Dalam pelaksanaan PSBB tersebut Pemerintah Kabupaten Buol mengkoordinasikan persiapan anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial di wilayahnya.

Sebelummya, Bupati Kabupaten Buol, Amiruddin Rauf mengatakan pihaknya memutuskan mengajukan permohonan untuk menerapkan PSBB karena jumlah kasus Covid-19 di Buol paling banyak di Sulteng.

“Penerapan PSBB di Buol dirasa sudah perlu karena kondisi dan situasi di Buol saat ini,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Buol, lanjut dia, juga sudah menyiapkan program bantuan sosial untuk warga selama penerapan PSBB.

Hingga saat ini warga Buol yang positif Covidd-19 mencapai 29 orang, satu di antaranya sudah sembuh. | ANTARANEWS.com

Leave a Reply