Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pemkab Minut Pangkas Anggaran Pembebasan Lahan Jalan Bandara-Likupang

MINUT, publikreport.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) memangkas anggaran yang disiapkan untuk pembebasan lahan jalan Bandar Udara (Bandara) Sam Ratulangi, Manado-Likupang, Kabupaten Minut. Pemangkasan anggaran ini, gara-gara mewabahnya Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

“Tahun ini sebenarnya telah disiapkan Rp7 miliar dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2020. Namun karena terjadinya pandemi Covid-19, anggaran dikurangi menjadi Rp3 miliar. Sisanya dialihkan untuk penanganan non bencana Covid-19,” jelas Bupati Kabupaten Minut, Vonnie Anneke Panambunan, kepada wartawan, Rabu 13 Mei 2020, di Kantor Badan Keuangan Kabupaten Minut, usai melakukan video conference (vidcon) dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Pariwisata RI.

Meski anggaran dikurangi, Vonnie mengatakan, tim appraisal sementara melakukan penilaian atas nilai jual tanah yang masuk dalam pembangunan jalan Bandara-Likupang. Sementara untuk penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati, masih dalam tahapan pengkajian oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minut.

“Investor yang akan masuk, saya harus ketemu mereka dulu untuk ditanya soal keseriusan mereka,” tegasnya.

Diketahui, pembangunan jalan Bandara-Likupang sepanjang 31,5 km (kilometer) tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran senilai Rp631 miliar.

BACA JUGA: Pengembangan Bandara Sam Ratulangi, Olly: Ditargetkan Selesai Oktober 2020

BACA JUGA: Pembangunan Jalan Bandara-Likupang Dibagi 4 Segmen

BACA JUGA: Tanjung Pulisan, Bali Baru di Sulut

Pembangunan tersebut, dibagi dalam 4 segmen. Segmen pertama menghubungkan Bandara-Talawan dengan panjang 4,6 kilometer. Segmen kedua menghubungkan Talawaan-Tatelu sepanjang 2,75 kilometer. Segmen ketiga menghubungkan Tatelu-Wasian sepanjang 4,1 kilometer dan segmen keempat menghubungkan Wasian-Marinsouw dengan panjang 20,1 kilometer.

Pekerjaan pembangunan jalan Bandar Udara (Bandara) Sam Ratulangi, Manado ke Likupang, Kabupaten Minut ini guna menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan, Kecamatan Likupang Timur. Pekerjaan sementara dilaksanakan oleh pihak ketiga. Pemerintah Kabupaten Minut harus melakukan pembebasan lahan. | GLENLY B

Leave a Reply