Taman Bunga (TIFF) yang ada di depan Kantor PD Pasar Wilken Beriman Tomohon. (foto: publikreport.com)
Taman Bunga (TIFF) yang ada di depan Kantor PD Pasar Wilken Beriman Tomohon. (foto: publikreport.com)

Penilaian Warga Tentang Taman Bunga (TIFF)

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Taman-taman bunga dan vertikal garden yang nampak tak terurus di sejumlah kelurahan di Kota Tomohon mendapat sorotan dari beberapa warga. Apalagi taman bunga dan vertikal garden tersebut dibangun guna menyambut TIFF (Tomohon International Flower Festival).

“Coba lihat taman-taman bunga yang sengaja dibuat untuk memperindah Kota Tomohon saat ada TIFF. Semua tak terurus lagi. Ini bukan karena ada Virus Corona, tapi ini memang ‘aslinya’ Kota Bunga Tomohon,” kata Syane Paat, warga Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Walaupun TIFF tidak dilaksanakan, harusnya Kota Tomohon tetap terlihat Kota Bunga. Karena itulah sehingga TIFF ada di Tomohon,” sambungnya.

Seharusnya, Ros Katuuk melanjutkan, justru ketika tidak ada acara TIFF, bisa dijadikan momen pembuktian, bahwa Tomohon layak disebut Kota Bunga.

“Saya bukan pengkritik TIFF, tapi kita melihat lagi kenyataan, bahwa spot bunga khusus TIFF saja tidak bisa dipelihara oleh pemerintah dan warga Tomohon,” ujarnya.

Kondisi Taman-taman Bunga (TIFF)

Lalu, bagaimana dengan pelaksanaan TIFF 2020?

Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman beberapa waktu lalu sudah menyampaikan rencana penundaan pelaksanaan.

“Dalam banyak imbauan, baik dari presiden maupun kementerian, kita dilarang untuk membuat pertemuan yang sifatnya banyak orang. TIFF ini juga mengundang banyak orang. Oleh karena itu kami mengkaji, bahwa TIFF 2020 ini akan ditunda pelaksanaannya. Bisa saja dilaksanakan di bulan Desember,” katanya. | JOPPY JW

Leave a Reply