Tim Resmob Polres Bitung dan 4 orang yang diduga pelaku pencurian tabung gas di PT Gasmindo Utama Bitung, serta barang bukti yang diamankan Senin 18 Mei 2020.
Tim Resmob Polres Bitung dan 4 orang yang diduga pelaku pencurian tabung gas di PT Gasmindo Utama Bitung, serta barang bukti yang diamankan Senin 18 Mei 2020.

Pencuri Tabung Gas Diringkus

KRIMINALITAS

BITUNG, publikreport.com – Empat orang yang diduga pelaku pencurian tabung gas di PT Gasmindo Utama Bitung, Senin 18 Mei 2020, ditangkap Tim Reserse Mobile (Resmob) Kepolisian Resort (Polres) Bitung. Mereka ditangkap di tempat berbeda.

“Tiga orang diamankan di Kelurahan Bitung Tengah, Kecamatan Maesa dan satu orang di amankan di Kelurahan Girian Permai. Keempatnya masing-masing berinisial RIMR, warga Kelurahan Bitung Tengah, IH, warga Kelurahan Girian Permai, ZK dan ARH, warga Kelurahan Girian Bawah,” ungkap Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Bitung, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Taufiq Arifin.

Pencurian, menurut Taufig, terjadi pada 15 April 2020, sekitar pukul 19.00 WITA, di perusahaan yang beralamat di Kelurahan Wangurer Barat, Kecamatan Madidir, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pelaku pencuri melakukan aksi dengan memanjat tembok perusahaan bagian belakang kemudian menuju gudang penyimpanan tabung.

“Tabung gas yang dicuri sebanyak 12 buah, terdiri dari 8 buah tabung LPG (elpiji) 12 kg (kilogram) dan 4 tabung LPG 5 kg,” jelasnya.

Tabung gas hasil curian tersebut, Taufiq mengatakan, kemudian disembunyikan di rerumputan yang tidak jauh dari PT Gasmindo Utama Bitung. Lalu, sekitar pukul 20.30 WITA, dua orang kemudian ke rumah seorang penadah, lelaki berinisial H, berniat menjual tabung gas LPG sebanyak 12 buah, asalkan lelaki H memberikan mobilnya untuk memuat barang bukti tersebut.

Dengan menggunakan mobil pick up milik lelaki H, Taufiq melanjutkan, tabung sebanyak 12 buah kemudian diangkut ke rumah lelaki H, yang dibayar seharga Rp1 juta. Masing-masing tersangka mendapat uang sebanyak Rp250 ribu.

“Dengan kejadian ini pihak PT Gasmindo Utama Bitung mengalami kerugian sebesar Rp6 juta,” kata Taufiq.

Keempat tersangka, Taufiq menambahkan, dikenakan pasal 363 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) sub 362 KUHP Jo pasal 55 KUHP,” tambahnya. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply