Ilustrasi.
Ilustrasi.

Teknologi di Era New Normal

Berbagai upaya pencegahan penularan Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) akibat infeksi virus corona mengakibatkan terbentuknya tatanan kehidupan normal baru (new normal) bagi masyarakat.

Beberapa penyesuaian di antaranya dengan selalu mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak dari kerumunan mengubah tatanan kehidupan. Penyesuaian kehidupan ini juga berkaitan erat dengan teknologi.

Perubahan yang sebelumnya tidak disangka dapat terjadi akibat pandemi Covid-19. Mulai dari bekerja dari rumah, belajar dari rumah, hingga resepsi pernikahan nyatanya bisa dilakukan melalui ruang virtual.

1. Konsultasi dokter online

Pandemi Covid-19 membatasi pergerakan masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran virus. Di sisi lain, beberapa orang masih menjalani proses pengobatan.

Oleh karena itu, berbagai platform layanan kesehatan digital (Telemedicine) marak digunakan di era pandemi Covid-19. Banyak orang bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus melalui tatap muka, tak hanya itu pasien juga bisa langsung membeli obat berdasarkan resep digital yang dikirimkan dokter setelah sesi konsultasi.

Dikutip dari situs Covid19 RI, pemerintah mengeluarkan protokol kesehatan agar masyarakat dapat menggunakan layanan Telemedicine untuk konsultasi dengan dokter. Pemerintah juga diimabu membeli obat secara daring dari rumah saja.

BACA JUGA: WHO: Kemungkinan Virus Corona Tak Akan Hilang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa kemungkinan penularan jenis-jenis virus termasuk SARS-CoV-2 di rumah sakit sangat tinggi. Oleh sebab itu, masyarakat diminta agar menghindari kunjungan ke rumah sakit dan beralih menggunakan layanan Telemedicine.

“Kita berharap layanan konsultasi medis sudah lebih banyak didorong untuk tidak menggunakan kunjungan rumah sakit, tidak bertemu secara langsung, tidak memberikan ruang untuk kontak dekat dengan banyak orang di rumah sakit,” kata Yurianto.

2. Belajar online dari rumah

Belajar melalui ruang virtual tak pernah terbayangkan bisa terjadi sebelumnya. Namun pandemi Covid-19 justru mendorong Nyatanya hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi konferensi virtual mulai Zoom, hingga Google Hangouts.

Leave a Reply