Menteri KKP dan Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey.
Menteri KKP dan Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey.

Menteri KKP: Potensi Sulut Sangat Besar

MANADO, publikreport.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo menilai, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bukan hanya sebagai pulau terujung di perbatasan, tapi merupakan daerah yang menghasilkan devisa besar. Sulut sangat berpotensi di sektor kelautan dan perikanan.

Saya melihat Sulut punya potensi yang sangat besar. Wilayah penangkapan ikannya sangat luas. Kalau kita melihat provinsinya sebelah utara, laut, sebelah selatan, laut. Belum lagi daratannya banyak sekali sumber perairan darat yang bisa dioptimalkan untuk budidaya perikanan maupun budidaya lainnya,” kata Edhy yang bersama usai meninjau lokasi tambak udang PT Celebes New Hope di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bersama Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey. Di Minsel mereka juga membagikan bantuan sebanya 198 paket sembako (sembilan bahan pokok) bagi warga terdampak Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) di Desa Bajo, Jumat 12 Juni 2020.

Untuk memajukan sektor perikanan di Sulut, Edhy menjanjikan kepada Pemerintah Provinsi Sulut akan memberikan bantuan termasuk kemudahan perizinan kapal bagi nelayan.

Satu kebijakan kita ambil, misalnya bagaimana menghidupkan Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Dan kita akan mengembangkan seluruh daerah perairan di Sulut,” ujarnya.

Seandainya saja kita semua fokus sama-sama berkontribusi, saya sangat yakin sektor kelautan dan perikanan, sektor perikanan budidaya dan sektor perikanan tangkap akan menjadi unggulan pertama di Sulut. Kami berkomitmen untuk membantu. Silahkan pak gubernur cukup kirim kadis (kepala dinas), kadis provinsi, kadis kabupaten untuk mengingatkan kami apa yang dibutuhkan disini. Insya Allah kami segera penuhi,” janjinya.

Keluhan tentang ijin perikanan tangkap yang menurut Edhy, dulunya berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tidak mendapatkan ijin, kini satu jam satu.

Semua kita buktikan dan sudah lakukan. Sampai sekarang sudah hampir empat ribu ijin selesai. Ini semua atas perintah bapak Presiden Jokowi (Joko Widodo), yakni satu jam saja,” tegasnya.

Kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus ijin untuk kapal di atas 30 GT, Edhy mengatakan, juga akan melalui online, sehingga tidak perlu pergi ke Jakarta untuk mengurusnya.

Ini kalau ada masyarakat Sulut meminta ijin diatas 30 GT, kita sudah permudah semua. Tidak perlu ke Jakarta. Cukup dengan online. Kalau memang kebetulan di Jakarta ya nggak masalah juga mampir,” katanya, seraya menegaskan, perpanjangan ijin juga dipermudah.

BACA JUGA: Tiba Manado, Menteri KKP Ikuti Rapid Test

Leave a Reply