Ilustrasi.
Ilustrasi.

Covid-19, Tips Beli Obat Online dan di Apotek

Beli obat online dapat menjadi salah satu pilihan cara membeli obat selama pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Meskipun begitu, tentunya cara ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri jika dibandingkan dengan membeli obat di apotek.

Baik membeli obat online maupun di apotek pada dasarnya harus dilakukan secara hati-hati, simak tips beli obat online dan di apotek yang bisa diterapkan berikut!

Pastikan Keamanan Obat dengan Cek KLIK

Sebelum membeli produk obat dan makanan, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) menyarankan Anda untuk selalu melakukan Cek KLIK (kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa), berikut adalah penjelasannya:

K: Kemasan. Selalu pastikan produk yang dibeli memiliki kondisi kemasan yang baik. Hindari produk dengan kemasan yang rusak, berlubang, sobek, karatan, penyok, dll.

L: Label. Baca label kemasan dengan cermat. Dari label kemasan Anda dapat mengetahui komposisi dan informasi nilai gizi produk.

I: Izin edar. Makanan dan obat harus memiliki izin edar BPOM.

K: Kedaluwarsa. Tanggal kedaluwarsa menunjukkan hingga kapan obat atau makanan layak untuk dikonsumsi. Pastikan obat yang dibeli belum melewati masa kedaluwarsa.

Tips Beli Obat Online

Beli obat online dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang tidak bisa keluar rumah, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini. Namun, sebelum membeli obat secara online, Anda harus memahami risikonya sehingga dapat berbelanja dengan lebih hati-hati.

Risiko Membeli Obat Secara Online

Berikut adalah beberapa risiko beli obat online:

Leave a Reply