Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana melakukan panen hortikultura di Kampung Laine, Kecamatan Mangantitu Selatan, saat menghadiri Farmer Field Daya (FFD), Sabtu 13 Juni 2020.
Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana melakukan panen hortikultura di Kampung Laine, Kecamatan Mangantitu Selatan, saat menghadiri Farmer Field Daya (FFD), Sabtu 13 Juni 2020.

Harapan kepada Petani Muda di Sangihe

SANGIHE, publikreport.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana mengungkapkan, di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), bidang pertanian menjadi sektor yang dilirik masyarakat Sangihe. Kepada para petani muda, diajaknya untuk dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian, serta mampu mengkonsolidasikan diri, menjadi trigger pertanian di tengah-tengah masyarakat.

Kami mengapresiasi serta menaruh harapan besar bagi teman-teman yang terhimpun menamakan diri petani muda, karena sudah mampu membaca peluang dalam bisnis pertanian, sekaligus membuka wawasan masyarakat terkait potensi pertanian,” kata Jabes saat menghadiri Farmer Field Day (FFD) di Kampung Laine, Kecamatan Mangantitu Selatan, Sabtu 13 Juni 2020. FFD ini digelar para pemangku kepentingan pertanian dan masyarakat bersama Dinas Pertanian (Dintan) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Atas semangat masyarakat dalam menggeliatkan pertanian di Bum Tampungang Lawo ini, Jabes menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe akan memberikan dukungan penuh. Apalagi dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) jelas arah dukungan pemerintah, mulai dari medaseng, two days no rice hingga pastane.

Itu adalah cerminan bagaimana pemerintah akan terus mendukung petani. Apalagi pertanian sebagai salah satu sektor andalan,” tegasnya.

Pertanian di Kabupaten Kepulauan Sangihe, menurut Jabes, saat ini benar-benar sedang menggeliat.

Kalau kita keliling Sangihe, hampir semua kampung sudah memiliki lahan masing-masing. Hal itu lahir dari kesadaran masyarakat untuk bisa berbuat lebih ditengah keterbatasan,” ujarnya.

BACA JUGA: Sangihe Swasembada Tomat dan Cabe

Leave a Reply