Racun pengering rumput berwarna hijau yang tertumpah di atas karpet.
Racun pengering rumput berwarna hijau yang tertumpah di atas karpet.

Rus Nekad Tenggak Racun Pengering Rumput

SANGIHE, publikreport.com – Warga Lindongan 4, Kampung Utaurano, Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis 18 Juni 2020, gempar setelah mengetahui seorang perempuan warga setempat yang nekad menenggak racun pengering rumput. Meski sempat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liun Kendage, namun Ibu Rumah Tangga (IRT) yang berinisial RH alias Rus (53) akhirnya meninggal dunia sekitar satu jam kemudian.

Rus diduga menenggak racun itu di rumahnya, sebab polisi menemukan 1 botol racun pengering rumput, 1 buah ceret berisi air dan satu buah pisau yang semuanya terletak di atas meja. Sementara cairan racun pengering rumput berwarna hijau tertumpah di atas karpet plastik rumah.

Saat anggota (Kanit Reskrim Polsek bersama personil) tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP), korban sudah dibawa warga ke rumah sakit,” jelas Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Tabukan Utara, Inspektur Satu (Iptu) Yus Tompoh, seraya mengatakan keluarga menolak untuk dilakukan otopsi mayat korban.

Suami korban, Ibrahim kepada polisi mengatakan, isterinya mengalami stres sejakJanuari 2020.

Hari itu, Yus mengungkapkan -mengutib penjelasan Ibrahim- korban mengatakan kepada suaminya akan pergi ke Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) untuk berobat. Sang suami kemudian memberikan uang sebesar Rp600 ribu, lalu ke kebun untuk memetik buah cengkih. Hingga akhirnya mendapat kabar, sang isteri berada di rumah sakit.

Korban, Yus melanjutkan, pertama kali ditemukan keponakan perempuannya, Rahmawati. Saat itu saksi bersama 2 anaknya sedang menuju rumah orang tuanya. Dalam perjalanan Rahmawati mampir ke rumah korban dengan maksud akan menyusui bayinya yang sudah menangis di jalan.

Dia masuk ke dalam rumah yang tidak tertutup dan terkejut mendapatkan korban sudah tergeletak di ruang tengah dan ada cairan warna hijau disekitar tubuh korban.

Saksi kemudian melaporkan peristiwa tersebut kepada Kepala Lindongan Empat,” kata Yus. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply