Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sertifikat Redis? Ini Penjelasan Olly

MINAHASA, publikreport.com – Apa itu sertifikat redis? Berikut penjelasan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey.

Sertifikat redis merupakan tanah negara yang diberikan gratis kepada masyarakat,” jelas Olly saat membagikan sertifikat redis kepada warga Desa Poopoh, Teling, Kumu dan Pinasungkulan, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat 19 Juni 2020.

Sertifikat redis ini, Olly menjelaskan, berbeda dengan pembuatan sertifikat gratis lainnya.

Ini bukan sertifikat yang biasa-biasa. Ini pemberian tanah negara yang sudah disertifikatkan kepada masyarakat. Ini program pemerintah pusat. Di Sulut, sudah dua tempat kami serahkan sertifikat redis, yakni di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan Minahasa,” katanya.

Sertifikat redis ini, Olly mengatakan, juga akan dibagikan di daerah lain di Provinsi Sulut.

Nanti di Minut torang (kami) serahkan satu. Satu lagi di Bitung. Jadi sudah empat tempat. Nanti berikut baru kabupaten-kabupaten lain, semua tanah-tanah negara yang sudah tidak dikelola kembali oleh pemegang HGU (Hak Guna Usaha), pemerintah provinsi mempunyai kebijakan memberikan kepada instansi atau masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Masyarakat yang telah menerima sertifikat redis, Olly meminta supaya tidak menjualnya.

Kalau gadaikan di bank untuk bisnis, boleh. Tapi kalu jual, jangan,” pesannya.

Dalam pembagian 1.000 sertifikat redis di 4 desa di Kabupaten Minahasa ini, Olly didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut, Andrei Angouw dan Bupati Kabupaten Minahasa, Roy O Roring.

Tugas pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan kenyamanan. Jadi saya kira kita harus dukung seluruh program yang telah ada, agar supaya Sulut bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Leave a Reply