Ilustrasi. (foto: doktersehat.com)
Ilustrasi. (foto: doktersehat.com)

Hamil 38 Minggu

Perkembangan Janin, Gejala dan Tips Kehamilan

Memasuki usia hamil 38 minggu, perkembangan janin masih tetap berlangsung walaupun sifatnya penyempurnaan. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini!

Perkembangan Janin saat Hamil 38 Minggu

Tidak lama lagi, buah hati tercinta akan hadir ke dalam kehidupan Anda. Meskipun tinggal menyisakan waktu kurang lebih 1 bulan untuk bayi lahir, ternyata masih ada sejumlah proses perkembangan yang dialaminya di dalam perut Anda.

Penambahan panjang dan berat badan salah satunya. Panjang janin saat hamil 38 minggu kurang lebih mencapai 48 cm. Sementara itu, berat janin 38 minggu sekitar 3 kg. Ukuran ini kira-kira sama dengan 1 buah semangka.

Perkembangan janin di usia kehamilan 38 minggu lainnya yang dapat dilihat adalah mata. Ya, organ penglihatannya kini sudah memiliki warna (hitam, cokelat, biru, atau abu-abu). Akan tetapi, warna mata masih bisa berubah. Warna mata bayi sesungguhnya tercipta saat ia berumur 1 tahun.

Sementara itu, lanugo-rambut halus yang selama ini melindungi kulit bayi dari air ketuban-sudah merontok seutuhnya. Kemudian, organ paru-paru sudah terbentuk dengan sempurna, begitu juga dengan pita suara.

Perubahan Tubuh saat Hamil 38 Minggu

Selain perutdan payudara yang membesar, perubahan dan gejala apa saja yang terjadi pada tubuh Anda saat hamil 38 minggu? Berikut informasinya.

1. Sering Buang Air Kecil

Saat hamil 38 minggu, posisi kepala janin berada di panggul. Kondisi ini menyebabkan kandung kemih tertekan. Alhasil, kandung kemih tidak mampu menyimpan urine sebanyak biasanya sehingga Anda akan jadi lebih sering buang air kecil.

Meningkatnya frekuensi buang air kecil (BAK) memang akan menimbulkan ketidaknyamanan, terutama jika keinginan untuk BAK ini terjadi di malam hari. Akan tetapi, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk Anda mengurangi asupan air putih setiap harinya. Bagaimanapun, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan cairan harian agar terhindar dari dehidrasi.

Leave a Reply