Rence Tamboto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Rence Tamboto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kusuka, Perlindungan Bagi Nelayan

SANGIHE, publikreport.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DinKP) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Renje Tamboto menjelaskan, Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor: 7 Tahun 2017, menjadi landasan hukum Kartu Kusuka (Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan), baik oleh pemerintah pusat maupun daerah guna melindungi memberikan perlindugan kepada nelayan.

Manfaatnya sebagai perlindungan dan pemberdayaan nelayan, peningkatan kesejahteraan serta menciptakan efektivitas dan efisiensi nelayan sekaligus merupakan identitas dari nelayan dan syarat untuk mendapatkan kartu asuransi nelayan. Jadi bagi nelayan yang ingin memiliki Kusuka cukup datang ke penyuluh perikanan di kecamatan masing-masing atau bisa langsung ke Dinas Kelautan dan Perikanan,” jelas Rence Jumat 26 Juni 2020.

Data yang ada saat ini, Rence mengatakan, sebanyak 3.737 dari 4.529 nelayan di Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah memegang Kartu Kusuka. Kartu Kusuka ini merupakan perubahan dari Kartu Nelayan.

Yang belum memiliki sebanyak 792 nelayan. Dinas Kelautan dan Perikanan Sangihe, juga sementara melakukan pendataan bagi nelayan yang belum terdata. Sekaligus masih membuka ruang bagi nelayan yang ingin membuat Kusuka,” ungkapnya.

Terpisah salah satu nelayan di Kecamatan Tahuna, Julius Patuwo mengatakan, Kartu Kusuka sangat membantu nelayan dalam mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Kami sangat bersyukur dengan adanya Kusuka ini,” ujarnya. | VEBE

Leave a Reply