Ronny Jaya Pasiale, Camat Tahuna.
Ronny Jaya Pasiale, Camat Tahuna.

Pemerintah Kecamatan Tahuna Terapkan Pelayanan Online

SANGIHE, publikreport.com – Pemerintah Kecamatan Tahuna melakukan terobosan guna mempermudah pelayan kepada masyarakat, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Salah satu terobosan, sebagaimana diungkapkan, Camat Tahuna, Ronny Jaya Pasiale, adalah pelayanan administrasi kependudukan dan perijinan secara online melalui email (surat elektronik) dan WA (WhatApp). Sementara khusus pengaduan masyarakat dapat melalui dua nomor telepon, FB (Facebook), Telegram, SMS (Short Message Service) dan kotak saran.

Ini untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, transparan dan efektif sebagai tolok ukur penyelenggaraan pemerintahan yang baik serta meningkatkan kualitas pelayanan yang baik, juga menerapkan protap (prosedur tetap) Covid-19 kepada masyarakat dan ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ada di Kecamatan Tahuna,” jelas Ronny.

Dengan pengurusan administrasi kependudukan dan perijinan serta pengaduan masyarakat secara online, Ronny mengatakan, diharapkan dapat mengurangi interaksi secara langsung antara masyarakat dan para pegawai di lingkup Kecamatan Tahuna, dan juga untuk menghemat biaya pengurusan.

Ini harus kami lakukan di tengah pandemi Covid 19. Diharapkan masyarakat tidak terlalu jauh untuk melakukan pengurusan dokumen administrasi, Jadi kami sudah lakukan ini, dan sudah dilakukan bimtek (bimbingan teknis) untuk ASN yang ada di kelurahan. Kami sudah mencoba beberapa dokumen yang diurus di kelurahan, dan dikirim melalui WhatsApp, kemudian itu dikirim kembali setelah kami proses, dan hanya memakan waktu kurang lebih lima menit langsung selesai. Ya ini selain menghemat waktu, juga menghemat biaya karena masyarakat sudah tidak perlu datang kemari untuk melakukan pengurusan,” paparnya.

Leave a Reply