Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana membuka kegiatan pelatihan penanaman sistem hidroponik, Senin 06 Juli 2020.
Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana membuka kegiatan pelatihan penanaman sistem hidroponik, Senin 06 Juli 2020.

Masyarakat Sangihe Dilatih Pertanian Hidroponik

SANGIHE, publikreport.com – Sejumlah masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin 06 Juli 2020, mengikuti pelatihan penanaman hidroponik. Pelatihan ini diprakarsai Ketua Komunitas Hidroponik Sangihe, Ferdy Sinedu.

Pelatihan ini dilaksanakan, menurut Ferdy, untuk menjawab perkembangan pertanian di Kabupaten Kepulauan Sangihe terlebih khuus alternatif pertanian, seperti hidroponik.

“Langkah rill untuk lebih efektif jika dibandingkan harus belajar keluar, apalagi melihat potensi pertanian di Sangihe. Ada banyak orang berkompeten, jadi tinggal dilihat siapa yang betul-betul mau mengembangkan konsep ini,” kata Ferdy yang juga adalah wakil rakyat di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Penanaman hidroponik, Ferdy mengatakan, sudah seharusnya dilirik, mengingat fungsinya dalam mengatasi keterbatasan lahan. Tidak menjadi alasan warga kota untuk tidak menanam, meski kekurangan lahan, atau beralasan karena faktor aktifitas yang padat.

Sistem hidroponik ini solusinya. Sangat cocok untuk wilayah kota Tahuna,” ujarnya.

Hingga hari ini, Ferdy mengungkapkan, Komunitas Hidroponik Sangihe sudah memiliki 18 titik pertanian yang semuanya berhasil. Bahkan sudah bisa mensuplai kebutuhan pasar.

“Untuk Pasar Tamako kami sudah bisa mensuplai bayam dan sejumlah tanaman lain hingga seratus ikat. Selain itu, suplai dari tim juga sudah merambah Pasar Naha, dan Petta,” ungkapnya, seraya menambahkan ke depan pihaknya akan mengkampanyekan lebih jauh lagi perlunya alternatif menanam di kota.

Kegiatan pelatihan penanaman sistem hidroponik ini dibuka Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana. Dalam sambutannya, Jabes memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan dalam usaha pengembangan sektor pertanian yang akhirnya berdampak pada kemandirian pangan lokal. Dirinya berharap kegiatan ini akan menambah motivasi serta pengetahuam komunitas tentang sistim hidroponik dan pengembangannya.

“Terima kasih atas inisiatif Komunitas Hidroponik Sangihe yang telah memprakarsai kegiatan ini. Lewat pelatihan akan dapat menciptakan tenaga terampil dalam mengembangkan tanaman hidroponik kedepan,” katanya.

Hadir antaranya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Michael Thungari, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Kepulauan Sangihe. | VEBE

Leave a Reply