You are currently viewing Peringatan Kemerdekaan RI Akan Dilakukan dengan Protokol Kesehatan

Peringatan Kemerdekaan RI Akan Dilakukan dengan Protokol Kesehatan

MANADO, publikreport.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Muhammad Hudori mengatakan, Kemendagri telah mengeluarkan edaran lewat radiogram dan koordinasi melalui video conference (vidcon) untuk mengarahkan dan memonitor pelaksanaan rangkaian peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 di seluruh Indonesia.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020 mendatang akan di dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan keterlibatan aktif seluruh masyarakat secara virtual,” jelas Hudori dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 secara virtual yang diikuti Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Edwin Silangen didampingi Kepala Biro Umum Setdaprov, Clay Dondokambey dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov, Dantje Lantang, Rabu 29 Juli 2020.

Seluruh masyarakat, Hudori mengharapkan, untuk menghormati peringatan tersebut dengan menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB atau 11.17 WITA. Sedangkan peran pemerintah daerah diperlukan keterlibatan pemda, TNI, Polri secara teknis untuk mengingatkan masyarakat umum agar melakukan sikap sempurna menjelang pukul 10:17 WIB pada tanggal 17 Agustus 2020, serta menggaungkan acara HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan kegiatan outdoor pemda.

Tumbuhkan semangat rasa cinta dan bangga sebagai anak bangsa ditengah suasana pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengatakan, pelaksanaan kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 kendati sederhana namun penuh hikmat. Perayaan HUT RI ke-75 juga dirangkaikan dengan pelaksanaan lomba perayaan kemerdekaan mengusung tema, ‘Cinta Indonesia’ dengan tagline ‘kerja bersama kita bangkit’ dan untuk konsep merayakan/memeriahkan HUT ke-75 tahun Kemerdekaan RI dengan mempercantik lingkungan dan tetap menjaga protokol kesehatan serta menunjukkan rasa cinta Indonesia.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan tema peringatan HUT RI ke-75 mengambil tema Indonesia Maju dengan logo yang terinspirasi dari simbol perisai Garuda Pancasila. Makna Indonesia Maju adalah representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. | VERONICA DSK

Leave a Reply