Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sanksi Jika Polis Asuransi Tak Kunjung Diberikan

Saya memiliki Asuransi Jiwa Kredit (AJK) di sebuah bank yang bekerja sama dengan penyedia layanan asuransi jiwa. Namun setelah lewat 1 tahun lebih, polis tak kunjung diberikan. Padahal pembayaran premi tetap berlangsung lancar.

Pertanyaan saya:

1. Apakah tindakan bank dapat dibenarkan?

2. Langkah apa yang dapat ditempuh? Terima kasih.

Ulasan Lengkap:

Untuk menjawab pertanyaan Anda, kami akan merujuk kepada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 23/POJK.05/2015 Tahun 2015 tentang Produk Asuransi dan Pemasaran Produk Asuransi (“POJK 23/2015”).

Polis Asuransi

Terlebih dahulu, kami akan mengulas aturan yang berlaku mengenai polis asuransi. Polis asuransi merupakan akta perjanjian asuransi atau dokumen lain yang dipersamakan dengan akta perjanjian asuransi, serta dokumen lain yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan perjanjian asuransi, yang dibuat secara tertulis dan memuat perjanjian antara pihak perusahaan asuransi dan pemegang polis.[1]

Adapun pemegang polis sepanjang penelusuran kami merupakan orang atau badan yang mengadakan perjanjian pertanggungan dengan penanggung (perusahaan asuransi) dan sekaligus orang yang memiliki polis asuransi dan pembayar premi.

Polis Asuransi harus memuat ketentuan paling sedikit mengenai:[2]

saat berlakunya pertanggungan;

uraian manfaat yang diperjanjikan;

cara pembayaran premi atau kontribusi;

Leave a Reply