Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cek Rekening, Subsidi Gaji Pekerja Mulai Ditransfer

MANADO, publikreport.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakerstrans) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Erny Tumundo mengatakan, sebanyak 75.602 pekerja/buruh di Sulut telah menerima subsidi gaji tahap pertama. Pekerja/buruh lainnya termasuk peserta program Perlindungan Pekerja Sosial Keagamaan (Perkasa) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut akan mendapatkan subsidi gaji pada gelombang berikutnya.

“Saat ini terus dilakukan pendataan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” jelas Erny usai mengikuti peluncuran virtual bantuan pemerintah subsidi gaji upah untuk pekerja/buruh oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kamis 27 Agustus 2020.

Pada launching subsidi gaji di Sulut, Erny mengatakan, turut dihadiri perwakilan pekerja/buruh penerima subsidi.

“Ada empat pekerja/buruh dari Sulut yang ikut peluncuran virtual tadi,” ungkapnya.

Program bantuan Rp600 ribu ini, Presiden RI, Jokowi menjelaskan, diberikan kepada pekerja Non PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) bergaji di bawah Rp5 juta.

“Dari bantuan yang sudah ada hari ini (Kamis 27 Agustus 2020, red), kita lengkapi lagi yang namanya tambahan subsidi gaji, totalnya 15,7 juta pekerja diberikan Rp2,4 juta. Ini memang diberikan kepada para pekerja yang terdaftar di BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan,” jelas Jokowi.

BACA JUGA: Buruh Harus Mengetahui Hak-haknya

Tahap pertama ini, Jokowi mengatakan, ada 2,5 juta pekerja yang akan menerima bantuan. Targetnya, September 2020 seluruh pekerja yang sudah terdata sudah ditransfer bantuan tersebut.

“Kita harapkan yang 2,5 juta orang ini ada yang menerimanya hari ini dan mungkin mundur besok (Jumat 28 Agustus 2020, red), karena jumlahnya ini jutaan,” ucapnya.

Leave a Reply