Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ratusan Kepala Keluarga di Tanah Eks Onderneiming Ranotongkor Kini Merasa Lega

MINAHASA, PUBLIKREPORTcom – Ratusan Kepala Keluarga (KK) yang menduduki tanah ex onderneming di Desa Ranotongkor (raya), Kecamatan Tombariri Timur, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merasa lega. Pasalnya, mereka kini telah mengantongi sertifikat -redis- tanah. Sertifikat redis ini diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey, Selasa 25 Agustus 2020 di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Ranotongkor Timur.

Diketahui, bertahun-tahun lamanya ratusan KK Desa Ranotongkor dan Desa Ranotongkor Timur merasa khawatir karena mereka hanya berstatus menumpang tinggal diatas tanah milik negara (ex onderneming) yang sebelumnya dikuasai PT Moca.

Tanah Eks Onderneming di Ranotongkor ‘Diperdagangkan’?

Tak hanya itu, beberapa kali Keluarga Besar Zatopek datang mengklaim sebagai pemilik sah. Mereka menunjukkan dokumen surat kepemilikan terhadap tanah seluas lebih dari 40 hektar itu.

“Bebas pikiran sekarang. Kita sudah sah sebagai pemilik. Terima kasih kepada pemerintah. Terima kasih kepada pak gubernur yang sudah mengupayakan ini,” ungkap Onal.

Bertahun-tahun Warga Minahasa Tak Kunjung Terima Sertifikat Tanah

Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Desa Ranotongkor Timur, Jusak Ratag mengatakan, untuk Desa Ranotongkor Timur, BPN (Badan Pertanahan Nasional) menerbitkan 405 sertifikat. Dan untuk Desa Ranotongkor sebanyak 321 sertifikat.

Warga Tombariri Terima Sertifikat Redis

Lepas dari itu, informasi yang didapatkan wartawan, pihak BPN Kabupaten Minahasa ternyata belum bisa merampungkan 726 sertifikat dimaksud. Karena ternyata baru 200 sertifikat yang diserahkan melalui dua hukum tua (kumtua) desa setempat. | JOPPY JW

Leave a Reply