Perbesaran zooplankton. Salah satu kegunaan zooplankton adalah sebagai sebagai pakan ikan alami. (Foto: DJPB KKP)
Perbesaran zooplankton. Salah satu kegunaan zooplankton adalah sebagai sebagai pakan ikan alami. (Foto: DJPB KKP)

Zooplankton, Sumber Makanan Larva Ikan dan Udang

Kebutuhan pakan alami untuk budi daya perikanan sudah menjadi kebutuhan yang mendesak di Indonesia. Selama ini, kebutuhan pakan masih sangat bergantung pada hasil produksi yang bahan bakunya harus didatangkan dengan cara impor dan menyebabkan harga yang ada di pasaran menjadi tinggi.

Di Indonesia, ketersediaan pakan alami masih bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah daerah. Sebut saja, Phronima Suppa (Phronima sp), Strain, ataupun Moina yang masih bisa tumbuh dan berkembang dengan alami di banyak tempat di Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budi daya Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPB KKP) Slamet Soebjakto, ketersediaan pakan alami yang cukup akan bisa membantu peningkatan produksi ikan dan udang yang kebetulan sedang menjadi program utama Pemerintah saat ini.

“Pakan alami akan memenuhi kebutuhan pakan untuk pembesaran benih ikan dan udang,” ucap dia pekan lalu dalam diskusi daring tentang “Zooplankton Potensial untuk Pakan Ikan dan Udang”.

Khusus untuk pembenihan, ketersediaan pakan alami yang cukup sangat dibutuhkan dan menjadi hal yang penting, mengingat pakan alami akan membantu proses pembenihan untuk menghasilkan benih yang baik dan berkualitas.

Slamet menuturkan, tiga pakan alami yang disebut di atas menjadi penanda bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya dan berlimpah. Pakan-pakan alami yang selama ini menjadi hewan endemik di daerah, diharapkan bisa dirasakan manfaatnya di daerah lain.

Keberadaan pakan alami sendiri sudah menjadi bagian dari riset para pakar yang bekerja pada bidangnya masing-masing dan berkontribusi pada ilmu budi daya perikanan. Untuk itu, diharapkan mereka semua bisa menyebarkan ilmunya, khususnya untuk pemanfaatan pakan alami.

“Dengan harapan, semakin banyak pelaku usaha budi daya, khususnya pelaku usaha pembenihan yang dapat mengaplikasikan kegiatan budi daya pakan alami untuk meningkatkan margin pendapatannya,” jelas dia.

Slamet menambahkan, kebutuhan pakan alami yang terus meningkat dari waktu ke waktu diikuti dengan produksi perikanan budi daya yang juga memperlihatkan proses yang meningkat setiap tahunnya. Semua proses tersebut akan bermanfaat untuk pengembangan pakan alami dan manfaatnya secara ekonomi bagi warga dan juga para pembudi daya ikan.

Leave a Reply