Perbesaran zooplankton. Salah satu kegunaan zooplankton adalah sebagai sebagai pakan ikan alami. (Foto: DJPB KKP)
Perbesaran zooplankton. Salah satu kegunaan zooplankton adalah sebagai sebagai pakan ikan alami. (Foto: DJPB KKP)

Zooplankton, Sumber Makanan Larva Ikan dan Udang

Dengan kata lain, kebutuhan yang besar terhadap pakan alami menjadi sebuah peluang yang harus dimaksimalkan oleh produsen dalam negeri untuk dapat membangun industri pakan alami agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Industrialisasi

Mengingat pentingnya pakan alami, Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan lokasi pengembangan industrialiasi dalam negeri di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di kawasan tersebut, diharapkan produksi pakan alami bisa terus ada dengan tetap mempertahankan kuantitas dan kualitas.

Bagi Slamet, pengembangan industrialisasi mutlak harus dilakukan, karena Indonesia sudah menguasai teknologi dan pengembangan produksi pakan alami dengan sangat baik. Tak hanya itu, saat ini juga sudah ditemukan strain (kumpulan sel) baru dari zooplankton yang bisa digunakan sebagai pakan ikan dan udang.

“Oleh sebab itu, target kemandirian pakan alami yang tidak tergantung dari impor tidak mustahil untuk diwujudkan,” tutur dia.

Direktur Pakan dan Obat KKP Mimin Abdul Hamid pada kesempatan yang sama mengatakan, kehadiran pakan alami memang menjadi kebutuhan tak terpisahkan dari perikanan budi daya. Keberadaannya diperlukan untuk menjaga pondasi ikan dan udang untuk bisa tetap bertahan di awal kehidupannya.

Menurut dia, sejumlah kelebihan pakan alami yang ada di Indonesia saat ini, adalah karena memiliki kandungan protein yang tinggi, asam lemak tidak jenuh, vitamin C, dan mineral. Pada beberapa jenis pakan alami lainnya, ada yang mengandung enzim dan pigmen yang sangat bagus untuk ikan hias.

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, keberadaan pakan alami bukan saja bisa membantu proses pembenihan sampai pembesaran, namun juga bisa menggantikan peran pakan pabrikan yang bahan bakunya harus didatangkan dari negara lain.

Tak hanya itu, keputusan Pemerintah untuk menggenjot produksi perikanan budi daya pada 2020 ini, juga akan berimbas pada peningkatan kebutuhan pakan. Untuk itu, pakan alami bisa menjadi jawaban untuk pemenuhan kebutuhan pakan ikan di seluruh Indonesia.

“Dengan tingginya kebutuhan pakan alami tersebut, potensi pasar juga turut terkatrol naik,” terang dia.

Leave a Reply