Perbesaran zooplankton. Salah satu kegunaan zooplankton adalah sebagai sebagai pakan ikan alami. (Foto: DJPB KKP)
Perbesaran zooplankton. Salah satu kegunaan zooplankton adalah sebagai sebagai pakan ikan alami. (Foto: DJPB KKP)

Zooplankton, Sumber Makanan Larva Ikan dan Udang

Potensi besar untuk pengembangan pakan alami, bisa dilihat dari contoh kebutuhan pakan untuk produksi 550 ribu ton ikan yang memerlukan benih ikan minimal 90 miliar ekor. Dengan kebutuhan tersebut, jika menggunakan pakan alami Artemia, maka dibutuhkan sedikitnya 450 ton.

Dari jumlah tersebut, pakan alami yang bisa dipenuhi untuk kebutuhan pembenihan 90 miliar ekor maksimal hanya 50 persen saja. Itu artinya, dari 450 ton pakan Artemia yang dibutuhkan, produksi dalam negeri saat ini maksimal sekitar 225 ton saja.

“Potensi pasar masih sangat besar,” jelas dia.

Selain potensi pasar, pengembangan pakan alami juga berpeluang akan sukses, karena pakan alami yang ada di Indonesia memiliki sejumlah keuntungan. Sebut saja, dukungan iklim yang memadai dan potensi lahan yang baik bisa menjadi mata pencaharian alternatif bagi masyarakat.

Substitusi

Muhammad Fattah Fattah dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan, pada kesempatan yang sama menjelaskan, pakan alami Phronima Suppa adalah pakan endemik yang pertama kali ditemukan di perairan Desa Tasiwalie, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang pada 2005.

Setelah itu, kemudian dilakukan riset untuk memanfaatkan pakan alami Suppa di kawasan selain Pinrang. Pada 2014, Suppa kemudian menjadi pakan alami utama untuk pengembangan produksi udang Windu di Kabupaten Pinrang.

Menurut Hatta, keberadaan Phronima Suppa menjadi salah satu pakan alternatif yang sangat berharga bagi masyarakat Sulsel. Terlebih, karena selama ini pakan alami yang dipakai adalah kebanyakan Artemi salina yang harus didatangkan dari luar negeri dengan harga yang mahal.

Dalam setahun saja, kebutuhan Artemi salina untuk Sulsel bisa mencapai 30 ribu kaleng atau bernilai lebih dari Rp26,3 miliar. Dengan fakta tersebut, diharapkan Phronima suppa bisa melengkapi kebutuhan pakan di Sulsel yang sangat bergantung kepada Artemi salina.

Leave a Reply