Irjen Panca Putra, Kapolda Sulut.
Irjen Panca Putra, Kapolda Sulut.

Ini Prioritas Kapolda Sulut, Irjen Panca Putra

MANADO, publikreport.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), Inspektur Jenderal (Irjen) Panca Putra menegaskan kepada seluruh personil Polda Sulut dan jajaran agar terus melakukan pencegahan Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

“Upaya pencegahan Covid-19, harus selaras dengan pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang menjadi program nasional pemerintah,” ujar Panca saat memberikan arahan perdana sebagai Kapolda Sulut dalam acara commander wish di aula Catur Prasetya Mapolda Sulut, Kamis 03 September 2020.

Selain itu, juga menjadi prioritas kerjanya di awal jabatan adalah pengamanan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak 2020, serta dukungan terhadap program pemerintah daerah (pemda) dalam pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Saya minta ini menjadi atensi kita, bantu pemerintah untuk menyukseskan pembangunan,” tegasnya.

Diingatkannya pula tentang implementasi program prioritas Kapolri (Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia).

“Ini bukan hanya kata-kata saja yang dingat, tapi yang penting implementasinya,” katanya.

Terkait pelaksanaan tugas, Panca mengatakan, utamakan pencegahan (deteksi dini, deteksi aksi, tindakan preemtif, tindakan preventif), bangun kerja sama tim yang solid, tingkatkan kualitas pelayanan (simpatik, sederhana, cepat datangi TKP (Tempat Kejadian Perkara), ramah, berpenampilan menarik), wujudkan harkamtibmas (polisi hadir di tengah-tengah masyarakat), penegakan hukum yang tegas, bangun kultur yang baik, jadikan media sebagai mitra strategis, tingkatkan pengamanan dan pengawasan internal, amankan Pilkada 2020 dan jaga soliditas dengan TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan instansi terkait lainnya.

“Ini menjadi harapan saya untuk dilaksanakan rekan-rekan. Kenapa, karena selaku pejabat Kapolda, saya harus memberikan pedoman dalam menghadapi ancaman tugas kedepan yang harus kita hadapi bersama,” jelasnya.

Pisah sambut

Di hari yang sama, Pemerintah Provinsi Sulut menggelar acara pisah sambut Kapolda Sulut di rumah dinas (rudis) gubernur, kompleks Bumi Beringin Manado. Pisah sambut ini, paska serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Sulut dari Irjen Royke Lumowa kepada Irjen RZ Panca Putra S, yang dilaksanakan Senin 31 Agustus 2020 di Mabes Polri.

“Selamat datang pak Panca bersama ibu. Dan selamat menempuh pendidikan yang baru pak Royke. Terima kasih kerja sama kita selama ini, Tuhan memberkati kita,” ucap Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey.

Leave a Reply