Pjs Gubernur Provinsi Sulut, Agus Fatoni, memantau penerapan protokol kesehatan di beberapa tempat di Kota Manado, Minggu 27 September 2020.
Pjs Gubernur Provinsi Sulut, Agus Fatoni, memantau penerapan protokol kesehatan di beberapa tempat di Kota Manado, Minggu 27 September 2020.

Pjs Gubernur Sulut Pantau Penerapan Protokol Kesehatan

MANADO, publikreport.com – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Agus Fatoni, Minggu 27 September 2020, memantau penerapan protokol kesehatan di beberapa tempat di Kota Manado. Tempat yang dipantau, seperti rumah makan, Mantos (Manado Town Square) dan Kawasan Mega Mas serta tempat lainnya yang mengundang keramaian.

“Hal ini guna memastikan agar penerapan protokol 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) diterapkan oleh masyarakat Manado,” kata Agus.

Diketahui, angka Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) di Kota Manado tergolong tinggi. Terhitung per 27 September 2020 pukul 18:00 WITA, kasus yang terkonfirmasi positif mencapai 2.019. Sedangkan pasien yang sembuh sebanyak 1551 dan 93 meninggal.

“Untuk itu penerapan protokol kesehatan perlu lebih ditingkatkan. Dengan disiplin protokol kesehatan diharapkan penyebaran pandemi dapat dikendalikan dan diatasi,” ujar Agus.

Mendagri minta Pjs Gubernur kawal Pilkada yagn aman dari Covid-19

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menginstruksikan 4 Pjs Gubernur yang akan bertugas untuk mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Para Pjs yang telah ditunjuk diminta untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan damai dan aman dari penyebaran Covid-19.

Diketahui, Mendagri secara resmi telah menunjuk empat pejabat di lingkungan Kemendagri dan BNPP sebagai Pjs Gubernur di empat provinsi yang akan menggelar Pilkada. Empat pejabat yang ditunjuk sebagai Pjs Gubernur itu adalah Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar sebagai Pjs Gubernur Kepulauan Riau, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri, Agus Fatoni sebagai Pjs Gubernur Sulawesi Utara, Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Restuardy Daud sebagai Pjs Gubernur Jambi dan Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi sebagai Pjs Gubernur Kalimantan Utara.

” Kita tahu bahwa mulai besok kita mulai memasuki tahapan inti dalam tahapan prosesi Pilkada Tahun 2020 yang puncaknya adalah 09 Desember 2020. Inilah amanah dari UU (Undang-Undang) yang sudah disepakati dengan para pihak untuk itu sesuai dengan aturan bahwa pejabat-pejabat yang ikut running lagi ikut berkonsentrasi lagi, otomatis perlu digantikan karena harus melaksanakan cuti kampanye untuk menjaga netralitas maka digantikan dengan penjabat sementara, terutama di 4 provinsi meskipun ada 9 provinsi sebetulnya melaksanakan Pilkada,” kata Tito Karnavian.

Leave a Reply