Irjen RZ Panca Putra, Kapolda Sulut.
Irjen RZ Panca Putra, Kapolda Sulut.

Pemungutan Suara Pilkada Berlangsung Aman, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Prokes

POLITIK

MANADO, publikreport.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), Inspektur Jenderal (Irjen) RZ Panca Putra mengajak seluruh piak untuk tetap menjaga situasi yang aman, kondusif tetap patuhi protokol kesehatan (prokes), usai pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, terlebih memasuhi tahapan penghitungan surat suara.

“Tetap tenang dan bersabar. Proses penghitungan suara sudah dimulai dan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Percayakan proses penghitungan suara berdasarkan mekanisme dan aturan yang berlaku kepada pihak penyelanggara Pilkada,” kata Irjen RZ Panca Putra.

Masyarakat, Panca meminta supaya tidak bereuforia berlebihan, tidak melakukan konvoi, pawai, arak-arakan di jalan raya dalam merayakan kemenangana paslon (pasangan calon) yang didukung, baik berdasarkan itu berdasarkan hasil quick count maupun keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nanti. Euforia berlebihan, menurutnya berpotensi menimbulkan ganggung keamanan dan ketertiban (kamtibmas) juga penyebaran Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

“Ingat, metode penghitungan cepat atau quick count perolehan hasil suara bukanlah bersifat final, karena hasil resmi perolehan suara paslon diputuskan oleh KPU,” jelasnya.

Sebagai warga negara yang patuh terhadap hukum serta mengingat saat ini masih dalam pandemi Covid-19, Panca mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi peraturan dan perundang-undangan sebagaimana termuat dalam Undang-Undang (UU)/Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Peraturan Walikota (Perwako), Peraturan Bupati (Perbup), juga maklumat Kapolri (Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia).

“Mari beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan serta menjaga keamanan dan ketertiban,” imbaunya, seraya mengatakan, jika ada oknum masyarakat yang melanggar, tentunya aparat keamanan akan mengambil tindakan tegas dan menjatuhkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tak lupa, Panca mengucapkan terima kasih atas partisipasi nyata masyarakat, pemerintah daerah, TNI/Polri (Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara Republik Indonesia) serta penyelenggara Pilkada 2020, sehingga Pilkada di wilayah Sulut berjalan dengan sehat dan damai.

Leave a Reply