You are currently viewing AMSI Gelar Indonesia Digital Conference 2020

AMSI Gelar Indonesia Digital Conference 2020

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), menggelar Indonesia Digital Conferene (IDC), Selasa-Rabu, 15-16 Desember 2020. Konferensi bertema ‘Inovasi Beyond Pandemi’, direncanakan akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Konferensi secara virtual yang akan berlangsung selama dua hari ini, menurut Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, akan menghadirkan sejumlah nara sumber ahli, pelaku bisnis dari berbagai sektor, termasuk sektor media untuk mendiskusikan inovasi dan transformasi digital yang terjadi saat ini dan pengembangannya pascapandemi.

Disituasi yang sulit karena pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019), Wenseslaus mengatakan, proses digitalisasi harus dipercepat dalam hampir semua aspek kehidupan manusia.

“Demi menekan penyebaran virus, misalnya, semua pihak harus memaksimalkan kekuatan teknologi untuk bekerja, sekolah dengan mengelar rapat virtual, event virtual, sekolah virtual dan sekian hal yang hari ini terlihat menjadi ‘normal baru’ dalam kehidupan saat ini,” kata Wens panggilan akrab Wenseslaus Manggut di Jakarta, Sabtu 12 Desember 2020.

Dihimpit kesulitan karena pandemi ini, kalangan pebisnis, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pemerintah menciptakan sejumlah inovasi baru, yang memudahkan kehidupan meski mobilitas serba terbatas.

“Sejumlah inovasi itu haruslah direkam dengan baik oleh media massa, serta dipublikasi kepada orang ramai. Setelah pandemi berakhirpun, inovasi itu tetap perlu dilanjutkan, lantaran memudahkan hidup kita,” ujar Wens merupakan Chief Content Officer (CCO) Kapanlagi Youniverse ( KLY).

Ketua Panitia IDC 2020, Anthony Wonsono mengatakan, percepatan inovasi dan transformasi digital di tengah pandemi Covid-19, harus memberi manfaat besar bagi seluruh bangsa. Untuk itu, inovasi tersebut harus menciptakan efisiensi, serta ekosistem dan transformasi digital yang dapat menunjang berbagai kebutuhan.

“Inovasi yang ada perlu dipikirkan keberlanjutannya pascapandemi,” jelasnya.

Hari pertama konferensi, Anthony mengungkapkan, akan menghadirkan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani sebagai keynote speaker dan dihadiri kedua Menteri BUMN, Erick Thohir. Setidaknya konferensi ini menghadirkan 24 narasumber. Pada setiap diskusi akan dipandu, Maria Y. Benyamin (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Irfan Djunaidi (Pemimpin Redaksi Republika), Amri Hakim (Chief Content Officer Hukumonline.com), Metta Dharmasaputra (Founder Katadata.co.id), Wisnu Nugroho (Pemimpin Redaksi Kompas.com), dan Wahyu Dhyatmika (Pemimpin Redaksi Majalah Tempo).

Leave a Reply