Olly Dondokambey, politisi PDIP.
Olly Dondokambey, politisi PDIP.

Olly, Tokoh Politik Sulut

PUBLIK FIGUR

Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) sangat familiar dengan nama, Olly Dondokambey. Sebelum menjabat Gubernur Provinsi Sulut pada 12 Februari 2016, lalu, Olly adalah seorang wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, sejak 2004, yakni periode 2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2015.

Di DPR RI, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), pernah menjabat Ketua Komisi XI dan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar).

Sebagai Gubernur Provinsi Sulut, -periode pertama-, Olly dibantu, Steven OE Kandouw, sebagai Wakil Gubernur (Wagub).

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Olly dan Steven kembali maju (petahana) sebagai Calon Gubernur dan Wagub Provinsi Sulut. Pascapemungutan suara pada 09 Desember 2020, dari berbagai data dan hitung cepat menyebutkan pasangan tersebut meraih suara terbanyak.

Disebut-sebut pula beberapa kabupaten/kota di Sulut yang juga melaksanakan Pilkada serentak 09 Desember 2020, menjadi ‘merah’. Sulut menjadi ‘merah’, karena para politisi PDIP yang menjadi calon kepala/wakil kepala daerah menjadi pemenang Pilkada di daerah masing-masing.

Hal ini, menurut sejumlah kalangan karena pamor Olly Dondokambey sebagai politisi yang dalam struktur kepengurusan PDIP, menjabat Bendahara Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Sulut.

Leave a Reply