Kapolda Sulut, Irjen RZ Panca Putra S, Jumat 11 September 2020, pagi, mengunjungi ke-Uskup-an Manado. Kapolda dan rombongan disambut Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC.
Kapolda Sulut, Irjen RZ Panca Putra S, Jumat 11 September 2020, pagi, mengunjungi ke-Uskup-an Manado. Kapolda dan rombongan disambut Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC.

Jelang Natal, Ini Saran Kapolda kepada Uskup Manado

MANADO, publikreport.com Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), Inspektur Jenderal (Irjen) RZ Panca Putra didampingi sejumlah pejabat Polda Sulut, Jumat 18 Desember 2020, mengunjungi Keuskupan Manado. Kunjungan terkait penyikapan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam pertemuan dengan Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, Panca Putra mengatakan, dirinya mengajak Uskup dan seluruhumat untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19, mengingat semakin bertambahnya jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Sulut khususnya Manado.

Mengenai pelaksanaan misa perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru, Panca memberikan saran, antaranya pembatasan jumlah umat saat ibadah di gereja, serta penambahan jadwal pelaksanaan misa.

“Mungkin bisa diberlakukan 1/5 dari jumlah umat. Misalnya, jika jumlah umat 500 orang, maka hanya 100 umat yang bisa hadir. Kemudian menambah jadwal misa misalnya menjadi lima kali, dan setiap pergantian jadwal misa dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan gereja,” jelasnya.

Panca juga menyarankan agar pihak gereja tetap menyiarkan ibadah secara online, sehingga bagi umat yang berusia lanjut dan anak-anak tetap bisa mengikuti misa dari rumah masing-masing.

Kepada masyarakat, Panca mengimbau untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tidak perlu mengadakan open house, kumpul-kumpul, juga tidak konvoi di jalan saat malam Natal maupun menyambut pergantian tahun nanti, termasuk tidak mengadakan pesta kembang api atau petasan yang bisa membuat berkumpulnya masyarakat,” imbaunya.

Leave a Reply