Pemandangan Danau Linow di Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. (Foto: publikreport.com)
Pemandangan Danau Linow di Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. (Foto: publikreport.com)

Sebagian Tempat-tempat Wisata di Sulut

Sulawesi Utara (Sulut) yang juga dikenal daerah Bumi Nyiur Melambai memiliki banyak tempat-tempat wisata yang indah dan menawan. Di Provinsi Sulut terdapat 15 kabupaten dan kota dengan keindahan dan keberagaman masyarakatnya.

Kita mulai dari Kota Tomohon. Tomohon merupakan daerah di dataran tinggi. Di kota ini, di manapun kita berdiri dan melihat sekeliling, pemandangan alamnya benar-benar indah. Keindahan alam dan seni budaya yang dimiliki didukung keramahtamahan masyarakatnya.

Destinasi wisatanya, seperti Gunung Lokon, Gunung Mahawu, Gunung Masarang, Danau Linow, Air Terjun Tinoor, Air Terjun Pinaras, Waruga di Kakaskasen, Woloan dan Kolongan, Pasar Ekstrim di Pasar Tradisional Beriman Wilken, florikultura di Kakaskasen, industri rumah panggung di Woloan, kerajinan ayaman bambu di Kinilow, hortikultura di Rurukan dan Kumelembuai, Gereja Sion di pusat kota Tomohon serta tempat permandian air panas di Lahendong dan Tumatangtang, Bukit Doa di Kakaskasen dan Bukit Wawo di Matani dan Walian. Juga TIFF (Tomohon International Flower Festival) yang merupakan iven tahunan pemerintah. Namun, karena pandemi Covid-19, penyelenggaraan TIFF belum diselenggarakan lagi.

Wisatawan juga dapat menikmati seni budaya khas Minahasa (Tombulu), seperti kawasaran, musik bambu, kolintang dan lain-lain. Itu sebagian destinasi wisata yang dapat wisatawan kunjungi jika berada di Kota Tomohon. Objek-objek wisata ini ditunjang dengan banyaknya rumah makan, serta beberapa hotel.

Di Kabupaten Minahasa, ada objek wisata Danau Tondano, Bukit Tetetana di Desa Suluan, Benteng Moraya, kerajinan kure di Pulutan, Remboken, Bukit Kasih di Kanonang, tempat permandian air panas di Koya, Tataaran dan Kawangkoan, Bukit Tatempangan maupun keindahan alam dari bukit yang ada di Warembungan, arung jeram di Timbukar, Sonder serta keindahan pantai yang ada di Tanawangko (Tombariri) dan pesisir pantai di Lembean, Kombi dan sekitarnya.

Di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), tersedia objek wisata Gunung Klabat hingga wisata pantai dan pulau di daerah Likupang. Apalagi Likupang, oleh pemerintah pusat telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Berbagai fasilitas bertaraf international mulai dibangun di sana.

Leave a Reply