Joe Bidden saat mengucap sumpah sambil memegang Injil saat dilantik sebagai Presiden AS. Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS, Rabu (20/01).(foto: reuters/kevinlamarque)
Joe Bidden saat mengucap sumpah sambil memegang Injil saat dilantik sebagai Presiden AS. Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS, Rabu (20/01).(foto: reuters/kevinlamarque)

Joe Biden-Kamala Harris Resmi Jadi Presiden dan Wapres AS

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan doa dan pesan terakhirnya untuk masyarakat dan pemerintahan baru di bawah Joe Biden dan Kamala Harris.

Trump menyampaikan hal itu dalam pidato di pangkalan militer Joint Base Andrews usai meninggalkan Gedung Putih.

“Saya akan terus berjuang untuk kalian. Saya akan terus menyaksikan. Saya akan terus mendengar. Dan saya sampaikan, masa depan negara ini tidak pernah lebih baik,” kata Trump dalam pidato terakhirnya sebagai presiden, Rabu (20/1) seperti dikutip dari CNN.

Ia mengaku percaya negaranya akan sukses di tangan pemerintahan yang baru. Berulang kali ia menyatakan bahwa AS adalah negara yang hebat dan dia sangat beruntung bisa menjabat presiden.

“Saya ingin katakan, kalian orang yang hebat. Ini adalah negara yang hebat. Ini merupakan kehormatan dan keistimewaan bagi saya untuk menjadi presiden kalian,” tuturnya di hadapan wartawan dan pendukung.

“Saya mengharapkan keberuntungan dan sukses bagi pemerintahan yang baru. Saya pikir mereka akan sukses. Mereka memiliki dasar untuk melakukan hal itu,” ucap dia.

Trump mengatakan pihaknya sudah bekerja semaksimal mungkin untuk mengantarkan AS pada posisi yang tidak pernah dirasakan sejak tahun 1917. Untuk itu dia percaya ke depannya negara itu akan berhasil.

Selagi menyampaikan perpisahan, ia juga berjanji akan kembali lagi. Namun dia tidak menyatakan dengan lugas apa yang dimaksud dari pernyataan itu.

“Selamat tinggal, kami mencintai kalian, kami akan kembali dengan bentuk yang lain,” ujar Trump.

Pesan dan salam perpisahan Trump disampaikan beberapa jam sebelum Biden-Harris dilantik menjadi presiden dan wakil presiden AS. Tak seperti tradisi umumnya, ia tidak akan menyambut rivalnya di Gedung Putih maupun mendatangi inaugurasi.

Trump Tinggalkan Surat untuk Joe Biden

Leave a Reply