SK KPU Provinsi Sulut.
SK KPU Provinsi Sulut.

KPU Tetapkan Gubernur/Wagub Sulut Terpilih

MANADO, publikreport.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ardiles MR Mewoh, melalui surat nomor: 37/PL.02.7-Pu/71/Prov/I/202, mengumumkan penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pengumuman ini berdasarkan Berita Acara Nomor: 10/PL.02.7-BA/71/Prov/I/2021 tentang rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Gubernur dan Wagub Provinsi Sulut terpilih serta Keputusan KPU Provinsi Sulut Nomor: 21/PL.02.7-Kpt/71/Prov/I/2021 tentang penetapan pasangan calon Gubernur/Wagub Provinsi Sulut terpilih.

“Dengan ini diumumkan, bahwa pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut terpilih pada Pilkada 2020, adalah pasangan calon nomor tiga, atas nama Olly Dondokambey dan Steven Octavianus Estefanus Kandouw, dengan perolehan suara 821.503,” kata Ketua KPU Provinsi Sulut, Ardiles MR Mewoh.

Diketahui, Kamis 21 Januari 2021, KPU Provinsi Sulut menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calonn Gubernur/Wagub Provinsi Sulut bertempat di Hotel Grand Kawanua Convention Center (GKIC) Manado.

Berdasarkan ketentuan Pasal 49 ayat (1) dan Pasal 52 ayat (1), (2) dan (4) Peraturan KPU (PKPU) Nomor 09 Tahun 2018 sebagaimana telah diubah dengan PKPU Nomor 19 Tahun 2020, tentang rekapitulasi hasil pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota, Ardiles menjelaskan, pasangan calon terpilih adalah pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak, dimana penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri, pasngan calon gubernur/wakil gubernur, partai politik dan gabungan partai politik (parpol) serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) provinsi. Dan bahwa hasil rapat pleno dituangkan dalam berita acara penetapan pasangan calon terpilih dan ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU Provinsi Sulut.

Leave a Reply