Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisakah Karang Gigi Dibersihkan Secara Alami?

Karang gigi merupakan kotoran yang menempel pada gigi yang bila dibiarkan dampaknya bisa berbahaya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa selain bisa membuat gigi menjadi goyang dan lepas, karang gigi juga dihubungkan dengan risiko penyakit jantung.

Sampai saat ini, sebagian orang masih belum betul-betul paham mengenai karang gigi dan cara pembersihannya. Karang gigi teksturnya sangat keras, melekat sangat erat pada permukaan gigi. Karena itu, karang tidak dapat dibersihkan dengan cara alami, misalnya hanya dengan menyikat gigi atau dental floss.

Karang gigi hanya dapat dibersihkan dengan alat khusus, yang dioperasikan oleh dokter gigi. Jadi, jika ingin membersihkan karang gigi, maka lakukanlah di dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Satu-satunya cara membersihkan karang gigi secara alami yang masih dapat kita lakukan adalah dengan membersihkannya pada saat karang gigi masih lunak, berbentuk plak gigi. Dengan ini, pembentukan karang gigi dapat dicegah.

Nah, berikut adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami:

1. Menyikat Gigi

Sikatlah gigi Anda sebanyak dua kali sehari dan cukup dilakukan selama dua menit. Cara ini terbukti efektif dalam membersihkan gigi dari sisa makanan, plak gigi, maupun debris. Jangan lupa juga untuk menyikat lidah supaya bebas dari bau mulut!

2. Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Fluoride tidak hanya berfungsi untuk melindungi dan memperkuat lapisan email gigi, tetapi juga menetralkan keasaman/ pH plak gigi sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

3. Menggunakan Mouthwash

Penggunaan mouthwash dapat membantu membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi. Pemilihan mouthwash untuk menjaga kebersihan rongga mulut harus tepat.

Untuk membersihkan plak gigi dan sisa makanan, bisa pilih mouthwash dengan kandungan propolis dan green tea. Namun, pemakaian mouthwash tidak perlu setiap hari karena kandungan antiseptik di dalamnya bisa merusak keseimbangan flora normal di dalam mulut. Akibatnya, jumlah flora jamur akan meningkat.

Leave a Reply